Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pembangunan Omah UMKM Kudus Rampung, Beroperasi Tahun Depan

Omah UMKM di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Pembangunan Omah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, rampung. Omah UMKM pun akan menjadi sarana pengembangan produk UMKM di Kudus

Adapun lokasinya berada di belakang kompleks Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disnakerperinkop dan UKM) Kabupaten Kudus.

Kepala Disnakerperinkop dan UKM Kabupaten Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati mengatakan, Omah UMKM yang berada di kawasan kantor Disnakerperinkop dan UKM Kudus siap beroperasi tahun depan.

”Omah UMKM sudah selesai dan minggu ini PHO (Provisional Hand Over, red),” katanya, Senin (26/9/2022).

Rini melanjutkan, Omah UMKM tersebut dibangun menggunakan anggaran APBD 2022 sebesar Rp 462 juta. Tujuannya yakni untuk menunjang produk UMKM di Kota Kretek.

”Produk-produk UMKM unggulan di Kudus akan dipajang di Omah UMKM ini,” sambungnya.

Baca:Kudus Bakal Bangun Omah UMKM, Ini Fungsinya

Lebih lanjut, Rini menyampaikan peruntukan Omah UMKM selain digunakan untuk memamerkan produk UMKM unggulan, akan digunakan sebagai wadah lainnya. Yakni sebagai tempat konsultasi bagi pelaku UMKM.

”Sebagai tempat konsultasi terkait legalitas usaha, NIB (Nomor Induk Berusaha, red), dan juga izin PIRT (Produksi Pangan Industri Rumah Tangga, red),” ujarnya.

Pihaknya juga menjalin komunikasi dengan Provinsi Jawa Tengah terkait tenaga pendamping. Tenaga pendamping tersebut akan ditugaskan memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM di Kudus mengurus izin usaha maupun branding produk.

Sementara Bupati Kudus HM Hartopo memastikan Pemerintah Kabupaten Kudus akan terus berupaya mengembangkan produjk-produk UMKM di Kabupaten Kudus. Dengan begitu, produk-produk lokal Kudus bisa tembus pasar nasional.

”Ini juga harus dibarengi dengan kualitas produknya, pemkab akan memfasilitasi semaksimal mungkin untuk pengembangannya,” tandasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula, Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.