Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Waspada! Ada Modus Baru Pencuri Motor di Kudus

Kapolres Kudus AKBP Wiraga Dimas Tama menyerahkan barang bukti curanmor di Kudus. (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Kudus – Modus baru pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah terungkap saat Operasi Sikat Jaran Candi 2022. Modus baru yang dilakukan pelaku curanmor tersebut terjadi di salah satu rumah sakit swasta di Kudus beberapa waktu lalu.

Kapolres Kudus AKBP Wiraga Dimas Tama mengatakan, modus yang digunakan pelaku yakni mengincar motor di tempat parkir. Tersangka, mengelabuhi petugas parkir dengan berpura-pura sebagai pemilik kendaraan dan kehilangan karcis parkir.

”Jadi pelaku ini sebelumnya sudah mengincar motor di parkiran. Saat melancarkan aksinya, pelaku ini pura-pura kehilangan karcis parkir,” katanya, saat konferensi pers di Mapolres Pati, Senin (26/9/2022).

Terpisah, Kasatreskrim Polres Kudus AKP Danang Sri Wiratno menjelaskan, modus baru itu terjadi saat mengendarai motor dan masuk ke parkiran di salah satu rumah sakit di Kudus.

Baca: Operasi Sikat Jaran Candi, Polres Kudus Bekuk Tiga Pelaku Curanmor

Tak berselang lama, tersangka keluar dari lokasi parkir. Namun, saat itu tersangka keluar tidak menggunakan karcis parkir dengan alasan hilang, dan menunjukan surat kendaraan.

”Setelah itu tersangka IA (39) berhasil keluar dari parkir rumah sakit dan memarkirkan motor miliknya di luar,” jelasnya.

Setelah itu, pelaku kembali masuk ke rumah sakit tersebut dengan cara berjalan kaki. Di sinilah tersangka mulai melancarkan aksi pencurian motor tersebut. ”Masuk lagi jalan kaki, lalu ambil motor yang sudah diincar,” ujarnya.

Baca: 32 Tersangka Curanmor di Pati Disikat, Kapolres: Korban Gratis Ambil Kendaraannya

Saat keluar dari lokasi parkir menggunakan motor hasil curian, tersangka menunjukkan karcis parkir yang sebelumnya digunakan untuk parkir kendaraan miliknya sendiri.

”Keluarnya menunjukkan karcis parkir yang sebelumnya diakui tersangka hilang. Saat itu yang diambil motor Honda Vario,” jelasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.