Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ditangkap Polres Jepara, Ini Pengakuan Maling Motor Spesialis di Sawah

Ditangkap Polres Jepara, Ini Pengakuan Pencuri Motor Spesialis di Sawah
Kasatreskrim Polres Jepara, AKP M Fachrur Rozi saat menunjukkan DS, pelaku pencurian motor spesialis area persawahan dan perkebunan. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Polres Jepara telah menangkap sebelas pelaku pencurian kendaaan bermotor selama Operasi Sikat Jaran Candi 2022, 25 Agustus – 13 September 2022.

Dalam penangkapan itu, salah satu tersangkanya adalah DS (37), warga Kecamatan Donorjo. DS merupakan tersangka curanmor spesialis area persawahan dan perkebunan.

Pelaku diketahui telah menjalankan aksinya sejak 2018. Selama beraksi itu, ia sengaja mencari sasaran di area persawahan dan perkebunan. Dia melancarkan aksinya bersama temannya yang kini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

”Kondisi dan situasinya lebih sepi,” jelas DS kepada Murianews, Senin (26/9/2022).

Baca: Sembilan Kasus Curanmor Diungkap di Jepara, Ini Sasaran Pelaku

Sejak 2018 itu, DS sudah beraksi di 24 lokasi. Rinciannya, tiga di Kecamatan Mlonggo, sembilan di Kecamatan Bangsri, tiga di Kecamatan Kembang, tujuh di Kecamatan Pakisaji, serta masing-masing sekali di Kecamatan Keling dan Kecamatan Welahan.

Masing-masing satu unit motor berhasil digondol dari 24 aksinya itu. DS selalu menggunakan kunci T dan bergerak cepat saat beraksi.

”Kadang hanya butuh waktu lima menit pakai kunci letter T,” kata DS.

Sepeda motor yang berhasil dicuri itu kemudian dijual ke penadah. Harganya beragam tergantung kondisi sepeda motor itu sendiri.

Salah satu korban bernama Imam, warga Kecamatan Kembang, mengaku kehilangan sepeda motor itu pada Juni 2021 lalu. Saat itu, sekira pukul 12.00 WIB, dia tengah mengairi sawah. Sepeda motornya ditinggal di tempat yang jaraknya 100 meter dari sawahnya.

”Sepeda motor saya kunci stang. Waktu itu saya sedang mengairi sawah. Saya kembali lagi sudah tidak ada sepeda motornya,” ungkap Imam.

Kini, sepeda motornya telah dikembalikan oleh Polres Jepara. Imam sangat berterima kasih kepada pihak Kepolisian.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Jepara, AKP M Fachrur Rozi, menjelaskan DS berhasil ditangkap usai aksinya ketahuan saat mencuri di area persawahan Desa Sekuro, Kecamatan Mlonggo (12/8/2022).

Saat itu, DS tertangkap dan digelandang ke kantor Polisi. Sedangkan, temannya berhasil melarikan diri.

”Kami harap masyarakat bisa lebih berhati-hati dalam memarkirkan kendaraannya. Terutama saat kondisi sepi,” tutur Rozi.

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.