Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Wisata ke Bali, Jangan Lupa Beli Oleh-Oleh Khas dari Pulau Dewata Ini

Wisata ke Bali, Jangan Lupa Beli Oleh-Oleh Khas dari Pulau Dewata Ini
Foto: Destinasi wisata Bali (freepik.com)

MURIANEWS, Kudus – Saat melakukan wisata, tentu tidak hanya sekadar menikmati keindahan alam saja. Namun, membeli oleh-oleh juga menjadi keharusan bagi wisatawan buat dibagikan pada tetangga, saudara atau teman.

Demikian pula saat wisata ke Pulau Bali, jangan lewatkan untuk membeli oleh-oleh khas setempat. Ada banyak oleh-oleh yang bisa dibawa pulang untuk buah tangan.

Melansir dari Indonesia Travel, oleh-oleh khas Bali banyak ragamnya, mulai dari patung, kalung, gelang, hingga makanan dan minuman. Harganya pun bervariasi, mulai dari ribuan hingga jutaan.

Baca juga: Kemenparekraf Sambut Kehadiran Delegasi The 2nd Tourism Working Group di Bali

Lalu, apa saja oleh-oleh khas Bali yang membuat wisatawan tertarik dan selalu ingin kembali ke Bali? Berikut daftarnya.

1. Pie Susu

Ini adalah camilan khas Bali yang bertahan dan tak lekang oleh zaman. Sebagai produk otentik, oleh-oleh khas Bali yang satu ini punya banyak pilihan rasa, seperti coklat, keju, maupun almond. Meskipun begitu, rasa original tetap menjadi incaran wisatawan.

Bentuknya bulat dengan tekstur garing dan renyah jika digigit. Rasa manis didapatkan dari fla susu yang terletak di tengahnya. Anda bisa mendapatkannya di pusat oleh-oleh khas Bali atau pasar-pasar tradisional.

2. Kopi Kintamani

Sebagai salah satu penghasil kopi di Indonesia, Bali memiliki kopi dengan citarasa yang mantap. Sedikit asam namun beraroma jeruk, hal tersebut tak lain karena Kopi Kintamani ditanam bersamaan dengan lahan jeruk. Bersama Gayo dan Flores, biji Kopi Kintamani termasuk varietas unggul.

Oleh karena itu, tidak salah jika Anda membawa oleh-oleh khas Bali ini kepada teman atau keluarga pecinta kopi. Anda dapat mencicipinya sebelum membawanya pulang, lho.

3. Brem dan Arak Bali

Salah satu ragam budaya Bali dan hanya bisa Anda temukan di sana adalah brem dan arak Bali. Khusus arak, minuman tersebut adalah hasil fermentasi yang dapat dibeli secara legal. Hal ini tertulis dalam Peraturan Gubernur Bali Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali.

4. Udeng

Jika Anda pernah melihat benda unik yang disematkan di atas kepala orang-orang Bali, itu adalah udeng. Benda tersebut bukan sekadar ikat kepala melainkan ada makna dari bentuk dan letak ikatannya. Udeng biasa digunakan oleh pria Hindu Bali. Meskipun begitu, Anda bisa memakainya karena udeng merupakan oleh-oleh khas Bali.

5. Batik

Pekalongan, Solo, dan Yogyakarta adalah tiga daerah yang identik dengan kerajinan batik. Akan tetapi, jangan salah sangka bahwa Bali juga penghasil batik yang memiliki corak khas dan unik. Seperti di ketiga daerah tersebut, sebelum membeli, Anda bisa melihat bagaimana proses pembuatan batik Bali. Selain bisa dibeli dalam bentuk kain, juga bisa mendapatkan olahan batik berupa baju, tas atau dompet.

6. Kaos Bali

Oleh-oleh khas Bali yang satu ini bisa kamu temukan di berbagai wilayah di Bali. Kaos Bali dapat menjadi oleh-oleh yang Sobat Pesona hadiahkan ke sahabat dan keluarga. Desain yang bervariasi menjadi pilihan menarik bagi wisatawan dengan budget terjangkau.

7. Kacang Disco

Kacang disco adalah kacang tanah yang digoreng kering. Kemudian, dilumuri adonan tepung dan bumbu. Saat dimakan, sangatlah renyah. Kacang ini menawarkan sensasi yang berbeda di mulut. Ada berbagai varian rasa mulai dari asin, pedas, hingga manis.

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: indonesia.travel

Ruangan komen telah ditutup.