Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Berbagai Manfaat Essence dalam Perawatan Kulit dan Cara Pemakaian yang Tepat

Ini Berbagai Manfaat Essence dalam Perawatan Kulit dan Cara Pemakaian yang Tepat
Foto: Ilustrasi (freepik.com)

MURIANEWS, Kudus – Ada banyak produk yang digunakan dalam perawatan kulit dan kecantikan. Masing-masing produk ini punya bahan dan kegunaan berbeda.

Untuk itu, penting mengetahui kegunaan dari bahan yang digunakan dalam produk perawatan kulit. Tujuannya biar tidak salah pakai yang malah bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan kulit.

Salah satu produk yang digunakan dalam perawatan kulit adalah essence. Lantas apa kegunaan dari produk ini?

Baca juga: Ini Tips Bikin Masker Wajah Sendiri di Rumah dari Bahan Alami, Coba Saja daripada Beli

Melansir dari Halodoc, Sabtu (24/9/2022), essence adalah produk perawatan kulit yang merupakan bagian dari skincare. Ia berbahan dasar air dan berfungsi untuk melembapkan, melindungi, dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Skincare adalah rangkaian perawatan penting supaya menjaga kulit tetap sehat dan glowing. Penerapan skincare yang tepat dapat membantu mengembalikan kesegaran kulit setelah seharian beraktivitas. Skincare jenis essence juga dapat membantu mencegah jerawat, mengobati kerutan, dan menjaga elastisitas kulit.

Manfaat Essence dalam Skincare

Essence dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja produk skincare lain dengan mempersiapkan kulit untuk lebih mudah menyerap produk lainnya. Kulit yang sudah dipersiapkan sebelumnya dengan nutrisi dari essence akan lebih mudah menerima pengaplikasian skincare yang akan digunakan selanjutnya.

Pengaplikasian essence menjadi sangat penting, karena essence juga menjaga kelembapan kulit dan menahan hidrasi. Selain memberikan kelembapan, sebagian besar produk essence mengandung bahan aktif yang dapat membantu:

  • Rehidrasi sel-sel kulit.
  • Melindungi penghalang kulit.
  • Meningkatkan kesehatan kulit.
  • Menyeimbangkan pH kulit.
  • Melembutkan dan menghaluskan kulit ari.

Tergantung pada bahan aktif lainnya, essence bisa saja mengandung bahan tambahan lain, anti-penuaan, anti-jerawat, ataupun antioksidan tinggi.

Selain itu, tidak seperti beberapa toner dan serum yang mengandung bahan keras contohnya retinol atau asam salisilat, essence mengandung bahan-bahan alami yang sangat jarang menimbulkan efek buruk pada kulit.

Itulah sebabnya mengapa essence disebut-sebut sebagai produk skincare yang aman untuk semua jenis kulit.

Cara Menggunakan Essence untuk Mendapatkan Manfaat Maksimal

Cara menggunakan essence untuk mendapatkan manfaat maksimal adalah dengan mencuci wajah terlebih dahulu. Setelah wajah dicuci bersih, ingatlah untuk mengoleskan produk perawatan kulit sesuai urutan dan tipis-tipis saja.

Diawali dengan membersihkan wajah dengan toner, baru kemudian dilanjutkan dengan essence, serum, baru kemudian pelembap. Pada dasarnya tujuan utama essence adalah menghidrasi, sehingga essence bisa diterapkan kapan saja.

Essence bisa diterapkan di atas riasan untuk menyegarkan dan menghidrasi kulit setelah seharian bekerja.  Cara mengaplikasikan produk essence akan tergantung dari fungsional produk itu sendiri. Bisa dioleskan dulu ke kapas dan kemudian diusapkan ke wajah atau disemprotkan ke seluruh wajah.

Untuk benar-benar mendapatkan hasil maksimal dari penggunaan essence, pastikan kamu membersihkan wajah dengan benar sebelum menggunakan produk skincare. Soalnya, bila kulit masih kotor, ini bisa memicu infeksi. Jangan meremehkan penggunaan tabir surya juga, sebab paparan sinar matahari dapat menyebabkan peradangan kulit.

Mencuci muka di malam hari dan mengoleskan tabir surya di pagi hari sebenarnya sudah menjadi bagian dari perawatan wajah. Tetapi, menambahkan essence sebagai bagian dari rangkaian skincare dapat memberikan hidrasi ke kulit sehingga kulit nantinya akan mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga penampilannya akan tampak sehat bercahaya.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: halodoc.com

Ruangan komen telah ditutup.