Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Tips dan Trik Menikung Pakai Motor saat Hujan biar Aman

Ini Tips dan Trik Menikung Pakai Motor saat Hujan biar Aman
Foto: Ilustrasi berkendara di saat hujan (astramotor.co.id)

MURIANEWS, Kudus – Pengetahun pentingnya berkendara motor yang aman penting dimiliki semua pengendara. Pasalnya, saat berkendara seringkali dihadapkan pada situasi yang berbeda.

Misalnya, bekendara tidak selalu di jalan yang mulus. Ada kalanya, terpaksa harus berkendara dalam kondisi jalan berlubang, dan membahayakan.

Selain itu, faktor cuaca juga kerap berbeda. Di mana, seringkali kita harus berkendara dalam cuaca hujan.

Baca juga: Ban Kurang Angin Bisa Bikin Boros BBM, Mitos atau Fakta? Ini Penjelasannya

Nah, berkendara saat hujan tentu berbeda dengan cuaca terang. Terutama, perlu diperhatikan cara menikung saat melaju di bawah guyuran hujan akibat kondisi jalan yang licin.

Ada beberapa teknik menikung yang perlu Anda lakukan agar tidak jatuh terpeleset atau tergelincir. Melansir dari Federal Oil, Sabtu (24/9/2022), saat kondisi jalanan basah karena hujan, grip ban motor pada jalanan akan berkurang karena adanya air yang ada di jalanan.

Pada kecepatan rendah, hal tersebut tidak terlalu terasa, namun ketika kecepatan semakin tinggi, adanya air diantara ban dan jalanan akan membuat motor sulit dikendalikan.

Apalagi saat mendapati jalanan yang tergenang air, hal tersebut akan mengganggu stabilitas pengendalian. Jika pengendara salah bersikap pada kondisi tersebut, bukan tak mungkin akan terjadi insiden tergelincir dan jatuh,

Saat berbelok dalam kondisi hujan membutuhkan teknik dari pengereman hingga gaya berkendara yang harus diubah.

Pertama, soal cara melibas tikungan di jalan yang basah atau tergenang. Usahakan jangan terlalu miring saat menikung di jalan basah, dengan begitu, kecepatan juga harus rendah.

Hindari juga mengubah kecepatan dengan ekstrem saat menikung, baik menambah kecepatan ataupun mengurangi kecepatan. Untuk proses pengereman, usahakan dilakukan sebelum masuk tikungan saat kondisi motor masih tegak.

Jika terpaksa melakukan pengereman saat menikung, gunakanlah rem belakang agar lebih aman, pasalnya posisi roda depan saat menikung tidak lurus, besar kemungkinan untuk kehilangan grip saat direm.

Hindari perpindahan gigi persneling saat menikung di kondisi hujan, sebab perpindahan gigi bisa memunculkan perubahan kecepatan yang cukup signifikan dan berpengaruh dengan daya cengkram ban ke aspal.

Bukan cuma badan, posisi lutut juga harus masuk mengapit motor jangan keluar seperti pembalap. Tujuannya, dengan mengapit motor kaki bisa membantu untuk menjaga keseimbangan. Selain itu jika terjadi hal yang tidak diinginkan posisi kaki juga bisa lebih aman.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: federaloil.co.id

Ruangan komen telah ditutup.