Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sekda Sragen Pensiun per 1 November, Ini 3 Calon Penggantinya

Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati (dua dari kanan) menyuntikkan vaksin pada lengan kiri Sekda Tatag Prabawanto di Kantor UPTPK Sragen, Senin (22/2/2021). (Solopos/Tri Rahayu)

MURIANEWS, Sragen — Tiga nama pejabat di lingkungan Pemkab Sragen terpilih menjadi calon pengganti Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen Tatag Prabawanto yang akan pensiun per 1 November 2022 mendatang.

Ketiga calon pengganti sekda itu terpilih setelah melalui seleksi yang cukup ketat. Ketiga nama tersebut nantinya akan dipilih Bupati Sragen untuk menggantikan Tatag dengan sepersetujuan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Melansir Solopos.com, salah satu calon Sekda itu adalah Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Sragen, Tugiyono. Sosok Tugiyono terhitung senior di Sragen karena sudah menduduki sejumlah jabatan kepala dinas.

Kini, Tugiyono masih mendapatkan tugas tambahan sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Ia ikut merintis berdirinya pelayanan perizinan terpadu di Sragen.

Calon sekda kedua adalah Hargiyanto yang kini menjabat Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sragen. Dokter umum itu cukup lama menjabat Kepala Dinkes dan mendapatkan tugas yang luar biasa saat pandemi Covid-19. Seperti Tugiyino, Hargiyanto juga merangkap jabatan sebagai Plt. Asisten III Setda Sragen sampai sekarang.

Calon Sekda ketiga yakni Dwiyanto kini menjabat Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Sragen. Dwiyanto menginisiasi adanya sistem digitalisasi dan sistem jaringan online di Sragen.

Anggota DPRD Sragen, Sri Pambudi, secara umum menyebut ketiga calon Sekda ini memiliki kapabilitas dan kapasitas yang mumpuni. Ketiganya disebut sudah memahami dan terlibat langsung dalam kebijakan anggaran dan posisi keuangan daerah.

”Kalau dibandingkan dengan Pak Tatag tentunya semua ada plus minusnya. Tetapi kami berharap dengan adanya sekda baru akan memunculkan semangat baru. Harapannya ke depan Sragen lebih baik dan bisa menerjemahkan kebijakan-kebijakan untuk kepentingan masyarakat Sragen,” ujarnya, Sabtu (24/9/2022).

Legislator dari Partai Demokrat Sragen, Inggus Subaryoto, berharap untuk Sekda baru nanti paling tidak bisa menyamai bahkan lebih baik dari Sekda sebelumnya. Dia berpendapat Sekda adalah king maker-nya Kabupaten Sragen. Dia mengatakan Sekda juga harus bisa mengakomodasi kepentingan eksekutif dan legislatif.

”Menurut saya, ketiga kandidat itu yang tepat adalah orang bisa mengakomodasi semua kepetingan masyarakat Sragen yang lebih maju karena. DPRD tidak punya hak untuk menentukan yang jadi Sekda,” ujarnya.

Inggus mengucapkan selamat kepada Tatag yang akan purna tugas. Ia mengakui Tatag sebagai sekda terbaik selama duduk di kursi DPRD. ”Saya berdoa semoga Pak Sekda bisa menikmati masa purna tugas dengan sehat dan selalu bahagia,” katanya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.