Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bupati Karanganyar Nilai Demo Nagih Janji Pembongkaran Kafe Black Arion Salah Alamat

Bupati Karanganyar Juliyatmono. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

MURIANEWS, Karanganyar – Puluhan warga Desa Gedongan, Kecamatan Colomadu yang menggeruduk kantor Bupati Karanganyar, Jumat (23/9/2022) kemarin dinilai salah alamat.

Pasalnya, pihak pemkab sudah mengirimkan satu backhoe serta personel Satpol PP dan aparar Polres Karanganyar untuk mengamankan jalannya pembongkaran, Rabu (21/9/2022) lalu.

Pernyataan tersebut diungkapkan Bupati Karanganyar Juliyatmono kepada awak media terkait aksi warga yang bertahan di depan kantor bupati hingga hari ini.

Ia pun menjelaskan, kewenangan pembongkaran kafe yang berdiri di tanah kas Desa Gedongan itu, masih di pemerintah desa setempat. Karenanya ia hanya mengirimkan alat dan kepolisian untuk menjaga eksekusi.

Baca: Tagih Janji, Kantor Bupati Karanganyar Kembali Digeruduk Warga

”Sayangnya, pada saat pembongkaran akan dimulai, Kades Gedongan, Tri Wiyono, justru menghilang. Jadi kami sudah penuhi,” katanya seperti dikutip Solopos.com

”Mereka seharusnya protesnya kepada kepala desa dan aksinya ya di balai desa sana,” tambahnya.

Karena alasan tersebut lah ia tidak menemui para warga Desa Gedongan yang terus bertahan di depan Kantor Bupati sejak Jumat siang.

”Kami sudah merespons, kami kirimkan alat dan personel untuk pengamanan pembongkaran. Tapi Kadesnya malah kabur sehingga pembongkaran tidak jadi dilakukan meskipun sudah siap. Ini berarti masalahnya ada di Kadesnya,” kata dia.

Untuk menghindari permasalahan kian berlarut-larut, Bupati meminta Badan Permusyawatan Desa (BPD) mengambil sikap atas kepala desanya itu.

”Semua ada mekanismenya. Kalau kepala desa dinilai tidak dapat menyelesaikan tugas di desanya, BPD bisa bermusyawarah untuk membuat langkah atau mekanisme selanjutnya,” kata Yuli.

Sebelumnya, puluhan warga Desa Gedongan kembali mendatangi Kantor Bupati Karanganyar, Jumat (23/9/2022). Mereka menagih janji Bupati Juliyatmono yang belum merealisasikan pengosongan/pembongkaran kafe Black Arion di Desa Gedongan.

Massa berkumpul di Alun-alun Karanganyar sekitar pukul 12.30 WIB. Selanjutnya mereka berjalan kaki menuju Kantor Setda yang berada di sisi selatan alun-alun.

Kedatangan mereka disambut puluhan aparat Satpol PP dan aparat Polres Karanganyar di balik gerbang Kantor Setda. Sehingga para peserta tertahan di luar pintu gerbang.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.