Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kunjungi Blora, Menpan RB Beri Arahan Ini

Kunjungi Blora, Menpan RB Beri Arahan Ini
Menpan RB Abdullah Azwar Anas melakukan kunjungan kerja di Pemkab Blora. (Murianews/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas melakukan kunjungan kerja di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora.

Dalam kunjungan itu, Menpan RB memberi pengarahan dan pembinaan pada Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Blora di Ruang Pertemuan Setda Blora, Jumat (23/9/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Blora Arief Rohman, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi.

Pengarahan dan pembinaan diikuti seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta jajarannya. Mereka mengikuti pengarahan secara luring dan daring.

Baca: Sunat BLT BBM, Begini Nasib Istri Oknum Kadus di Blora

Di kesempatan itu, Menpan RB kembali mengingatkan arahan Presiden Joko Widodo. Di mana, reformasi birokrasi harus memberikan dampak nyata, tidak hanya sekadar tumpukan kertas saja.

”Kami menyampaikan pesan bapak Presiden, bahwa reformasi ini bukan hanya tumpukan kertas, tapi reformasi birokrasi ini harus berdampak nyata,” Jelas Menpan RB.

Menurutnya, di Kabupaten Blora sudah mulai berdampak. Ia mendorong agar dampak tersebut diresonansi hingga ke bawah.

”Reformasi birokrasi  itu sederhana saja, harus berdampak. Pak Bupati mimpin kan dampaknya keliatan. Ini tidak usah diskusi panjang, ada MPP, daerahnya lebih rapi, Pemdanya lebih bersemangat dan seterusnya,” imbuhnya

Mantan Bupati Banyuwangi dua periode tersebut menegaskan 2050, Indonesia diprediksi menjadi empat besar negara yang paling maju ekonominya. Untuk itu, SDM perlu disiapkan mulai dari sekarang.

”Ini menuju kesini kita harus siapkan aparaturnya yang hebat kalu tidak disiapin SDM nya tentu kedepannya akan menjadi problem, oleh karena itu reformasi birokrasi menjadi penting, penyiapan ASN tetapi reformasi birokrasi harus berdampak,” kata Menpan.

Selain itu, tambah Azwar Anas, reformasi birokrasi itu harus lincah melayani. Pelayan publik harus jemput bola ke bawah memberikan pelayanan pada masyarakat.

Azwar Anas menjelaskan, tiga fokus reformasi birokrasi. Yakni, penanganan kemiskinan, menumbuhkan investasi, dan digitalisasi layanan administrasi.

”Kami sangat berharap daerah-daerah bisa menjadi contoh daerah lain. Saya harap Blora ini karena pak bupatinya semangat, jaringannya luas, bisa menjadi model untuk daerah sekitar sehingga dengan begitu pelayanannya bisa bagus,” katanya.

 

Kontributor Blora
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.