Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Perhatikan Hal Ini saat Membeli Koper untuk Traveling biar Gak Kecewa

Perhatikan Hal Ini saat Membeli Koper untuk Traveling biar Gak Kecewa
Foto: Ilustrasi toko koper (Andreas Lischka dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Saat bepergian jarak jauh atau traveling dalam waktu lama pastinya ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelumnya. Salah satunya adalah packing baju atau barang bawaan lainnya yang akan dipakai bepergian.

Biasanya, barang bawaan ini ditempatkan dalam koper agar semuanya bisa masuk. Pilihan membawa koper ini juga dirasa parktis karena mudah dibawa.

Ada banyak jenis koper traveling yang dijual di pasaran. Demikian pula dengan harganya juga bervariasi.

Baca juga: Takut Koper Hilang saat Naik Pesawat? Coba Ikuti Tips Berikut Ini

Untuk itu, jangan sembarangan saat membeli koper ini. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih koper biar gak kecewa di belakang hari.

Berikut adalah sejumlah pertimbangan sebelum membeli koper untuk traveling dikutip dari Kompas.com.

Perhatikan Ukuran Koper

Berbagai ukuran koper banyak tersedia di pasaran. Calon traveler tinggal menyesuaikan berapa lama bepergian agar dapat memuat barang sesuai kebutuhan di koper.

Untuk ukuran kabin, terdapat koper 20 inci (sekitar 50,8 sentimeter atau cm) berkapasitas sekitar 36 liter. Selain itu ada juga yang 24 inci (sekitar 60,96 cm) berkapasitas sekitar 60 liter untuk ukuran medium. Selanjutnya koper berukuran paling besar berukuran 28 inci (sekitar 71,12 cm) berkapasitas 90-an liter.

Sebagai contoh, ketika bepergian sendiri umumnya menggunakan koper ukuran kabin. Menggunakan koper ukuran kabin selain untuk memuat barang bawaan, juga agar tidak perlu antre saat memasukkan bagasi.

”Kalau kita perginya agak jauh, pilihlah ukuran medium,” ujar digital marketing Ace Japan, Windy.

Sedangkan untuk yang akan ke luar negeri atau bepergian dengan keluarga dapat menggunakan koper paling besar ukuran 28 inci, agar lebih efisien.

Sistem Penguncian

Koper dengan fitur penguncian TSa Lock saat ini sudah banyak beredar. Fitur ini memungkinkan penggunanya tidak lagi menggunakan kunci gembok secara terpisah.

”TSA lock ini gunanya sebagai standar penguncian koper internasional, di Amerika, pakai angka tiga digit, lebih efisien dan tenang saja, tidak rawan eror,” ujar Windy.

Selain itu ada juga koper dengan fitur zipper-lock. Fitur ini dinilai lebih aman dari pencurian.

Cek Roda dan Handle Koper

Saat bepergian jauh, traveler pastinya ingin membawa barang dengan mudah. Soal ini, traveler disarankan untuk memilih koper dengan roda yang dapat diputar 360 derajat. Pemilihan koper dengan roda ini bertujuan agar memudahkan membawanya.

Sementara untuk handle, pilih koper yang dilengkapi handle di atas dan di samping badan koper. ”Handle yang ada di atas dan juga di samping, akan memudahkan saat menurunkan barang, misal dari taksi atau mobil, jadi saat diturunkan bisa pegang handle atas dan handle samping,” kata Windy.

Perhatikan Bahan Koper

Pertimbangan terakhir saat memilih koper adalah soal bahan pembuatnya. Namun ini lebih ke selera orang masing-masing.

Koper sendiri terdiri dari dua bahan, yaitu soft case atau hard case. Untuk soft case punya bahan lebih lentur yang dapat meminimalisasi kerusakan saat ada benturan.

Sementara untuk koper hard case, traveler dapat memperhatikan bahan yang digunakan. Pastikan koper dibuat dengan bahan bagus seperti polypropilane dan policarbonate. Bahan-bahan tersebut termasuk yang terbaik dalam pembuatan koper.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: Kompas.com

Ruangan komen telah ditutup.