Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Airlangga Pastikan Konversi Kompor Gas ke Listrik Tidak Dilakukan Tahun Ini

Airlangga Pastikan Konversi Kompor Gas ke Listrik Tidak Dilakukan Tahun Ini
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (facebook.com/AirlanggaHartarto/photos)

MURIANEWS, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan jika konversi kompor gas Elpiji 3 kilogram ke kompor induksi atau kompor listrik, tidak akan dilakukan tahun ini.

”Dapat dipastikan program ini tidak akan diberlakukan pada 2022,” ungkap Airlangga, dikutip dari CNNIndonesia.com, Jumat (23/9/2022).

dia mengaku, sampai saat ini pemerintah belum membahas mengenai anggaran untuk konversi kompor gas ke listrik tersebut. Bahkan pihaknya juga mengaku belum ada pembahasan dengan DPR terkait hal itu.

Baca: Pemerintah Bagi-Bagi Sepaket Kompor Listrik Gratis Kepada Masyarakat

”Sampai saat ini pembahasan anggaran dengan DPR terkait program tersebut belum dibicarakan dan tentunya belum disetujui,” jelas Airlangga.

Menurutnya, yang berjalan saat ini adalah uji coba untuk penggunaan kompor listrik. Namun, dari uji coba itu nantinya akan dilakukan evaluasi menyeluruh.

Airlangga menambahkan, untuk uji coba itu sendiri yang diberikan kepada masyarakat sebanyak 2.000 unit. Rencananya, akan ada tambahan 300.000 unit yang tahap uji cobanya dilakukan di Bali dan Solo.

Baca: Kompor Listrik Pengganti Elpiji 3 Kg Mulai Diuji Coba

”Hasil uji coba ini akan dilakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan, pemerintah akan menghitung dengan cermat dengan biaya dan risiko, memperhatikan kepentingan masyarakat, serta sosialisasikan kepada masyarakat untuk program diberlakukan,” ujarnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

Ruangan komen telah ditutup.