Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Fakta Unik Khasiat Parijoto, Buah Khas dari Kawasan Gunung Muria Kudus

Ini Fakta Unik Khasiat Parijoto, Buah Khas dari Kawasan Gunung Muria Kudus
Foto: Penjual parijoto di Colo, Kudus menjajakan dagangannya. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Tanaman parijoto resmi menjadi Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) milik Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Penetapan Hak Kekyaan Intelektual itu dikeluarkan oleh Kementeria Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Parijoto dicatatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus sebagai inventarisasi kekayaan intelektual komunal sumber daya genetik Kemenkumham.

Sertifikat hak kekayaan intelektual itu diberikan kepada Bupati Kudus HM Hartopo usai apel HUT ke-473 Kabupaten Kudus di Pendapa Kabupaten Kudus, Jumat (23/9/2022).

Baca juga: Sate Kerbau dan Parijoto Resmi Jadi Kekayaan Intelektual Milik Kudus

Bagi sebagian orang, barangkali masih asing dengan buah parijoto. Padahal buah yang sepintas mirip dengan anggur ini sering dipakai untuk pengobatan herbal, khususnya untuk meningkatkan kesuburan wanita.

Melansir dari Halodoc, buah parijoto berukuran kecil dan berbentuk bulat, yang tumbuh secara berkelompok pada batang tebal dan berserat. Buah ini berwarna merah mudah dan keunguan saat matang,  serta memiliki kulit yang halus. Buah parijoto renyah dikunyah, lembut, dan sedikit terasa asam dan manis.

Buah parijoto atau yang dikenal dengan nama ilmiah Medinilla speciosa dipercaya memiliki banyak manfaat sebagai obat herbal. Hal ini berkat kandungan tanin, glikosida, saponin, dan flavonoid di dalamnya. Kandungan tersebut berkontribusi pada sifat antiinflamasi. Agar lebih mengenal buah parijoto serta manfaatnya, berikut fakta yang perlu diketahui:

Buah Parijoto Tumbuh di Indonesia

Mungkin kamu masih asing dengan buah parijoto. Buah yang menyerupai anggur ini bisa dikonsumsi. Menurut sejarah, buah parijoto tumbuh di daerah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Bahkan ia tumbuh liar di daerah dataran tinggi.

Buah parijoto biasanya tumbuh subur pada ketinggian 800 sampai 2.300 mdpl dan di wilayah hutan hujan tropis. Kamu bisa mudah menemukannya di Gunung Andong dan Gunung Muria, Indonesia. Buah parijoto kemudian menyebar sampai Kalimantan dan Filipina, hingga dikenal sebagai anggur Asia.

Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

Buah parijoto disebut berpotensi sebagai bahan produk kecantikan. Ekstrak buah parijoto terdiri dari flavonoid, sebagai sumber antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah parijoto layak dijadikan bahan produksi hand and body lotion.

Buah ini juga secara alami bisa digunakan sebagai tabir surya. Sebuah penelitian juga menyebutkan buah parijoto berpotensi untuk dijadikan bahan baku pembuatan tabir surya. Manfaat ini berkat kandungan flavonoid, komponen yang mampu mencegah efek berbahaya akibat paparan sinar ultraviolet.

Meningkatkan Kesuburan Wanita

Buah yang satu ini juga diduga dapat meningkatkan kesuburan wanita. Hal ini berkat antioksidan alami, seperti tanin, flavonoid, dan saponin didalamnya. Kandungan tersebut bisa menangkal efek radikal bebas. Tentu sangat baik untuk meningkatkan nutrisi bagi wanita yang sedang program hamil. Namun,  mungkin masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hasilnya.

Bisa Digunakan sebagai Obat Sariawan

Cara menggunakan buah parijoto sebagai obat sariawan, yaitu cukup mengambil buah parijoto sebanyak 4 atau 6 gram yang sudah dicuci bersih. Lalu tumbuk hingga halus, dan larutkan dalam 100 mililiter air mineral. Kemudian gunakan untuk berkumur sebanyak 2 kali sehari, hingga sariawan hilang.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Banyak pengidap diabetes yang mencari pengobatan herbal. Saat ini sudah ada beberapa pilihan bahan alami untuk dijadikan obat diabetes alternatif. Salah satunya buah parijoto. Ternyata, kandungan flavonoid yang terkandung di dalamnya berpotensi menurunkan kadar gula darah. Namun, untuk memastikannya, masih diperlukan banyak penelitian, atau tanyakan pada dokter yang merawatmu.

Mempertahankan Berat Badan

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan, ekstrak etanol dalam buah parijoto diketahui mampu menurunkan kadar trigliserida secara signifikan. Hal ini juga menyebabkan penurunan risiko kenaikan berat badan sebanyak hampir 35 persen.

Nah, itulah beberapa fakta menarik yang perlu diketahui dari buah parijoto. Mengenai manfaatnya, mungkin masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: halodoc.com

Ruangan komen telah ditutup.