Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bupati Kudus Ziarah ke Makam Bupati Terdahulu

Bupati Hartopo saat ziarah di salah satu makam bupati terdahulu di TMP Sedomukti Kudus. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus, Jawa Tengah, HM Hartopo bersama segenap unsur pimpian daerah Kabupaten Kudus melaksanakan kegiatan ziarah dan tabur bunga ke makam pahlawan dan bupati-bupati terdahulu di Makam Sedomukti, Desa Kaliputu Kecamatan Kota Kudus, Jumat (23/9/2022).

Kegiatan itu sendiri, merupakan satu dari serangkaian acara Hari Jadi ke-473 Kabupaten Kudus. Ziarah ke makam para pahlawan dan bupati pendahulu dilakukan usai apel peringatan Hari Jadi Kudus.

Rombongan memulai ziarah di makam Kanjeng Kiai Adipati Aryo Tjondronegara III yang merupakan Bupati Pati-Kudus pada tahun 1811 sampai tahun 1837. Tak lupa, rombongan juga berziarah di makam RMP Sosrokartono yang merupakan kakak kandung pahlawan emansipasi wanita, RA Kartini.

”Kami ziarah ke makam para pahlawan, senior kita bupati terdahulu. Ini bentuk mengenang jasa beliau yang telah memimpin dan memajukan Kabupaten Kudus sehingga generasi sekarang bisa menikmati apa yang menjadi kerja keras beliau selama ini,” kata Hartopo.

Baca: Sate Kerbau dan Parijoto Resmi Jadi Kekayaan Intelektual Milik Kudus

Sebagai generasi penerus, Hartopo menyatakan kesiapannya untuk melanjutkan dan meneruskan apa yang menjadi cita-cita para pendahulu untuk membangun Kabupaten Kudus. Yakni menjadikan Kabupaten Kudus ini semakin sejahtera.

”Sebagai generasinya, saya akan melanjutkan dan meneruskan apa yang menjadi cita-cita beliau untuk membangun Kabupaten Kudus, tidak kalah pentingnya dalam upaya mensejahterakan masyarakat Kudus,” ungkapnya.

Baca: Pemotongan 473 Tumpeng Iringi Perayaan HUT Kudus

Hartopo kemudian berpesan pada generasi muda penerus bangsa khususnya di Kabupaten Kudus agar ikut serta membangun Kudus dari segala aspek. Serta turut menjaga kondusifitas wilayah.

”Saya harap generasi muda harus dapat bersinergi menjaga kondusifitas wilayah sehingga tercipta lingkungan aman dan tentram. Selain itu, mari membangun Kudus bersama-sama baik secara fisik maupun membangun dari segi SDM yang mengutamakan kualitas, tidak hanya kuantitas,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.