Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Info Jatim

Gunung Lawu Bertopi Awan, Ternyata Begini Penjelasan BMKG

Gunung Lawu Bertopi Awan, Ternyata Begini Penjelasan BMKG
Gunung Lawu tampak bertopi awan (Kompas.com)

MURIANEWS, Magetan – Gunung Lawu yang berada di perbatasan antara Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim) kali ini terlihat berbeda. Gunung dengan ketinggian 3.265 meter di atas permukaan laut (MDPL) itu tampak bertopi awan.

Seorang petani yang berada di kawasan lereng Gunung Lawu, tepatnya di Desa Widoro Kandang, Kabupaten Magetan, Sadiyem mengaku, melihat awan berbentuk topi di puncak Gunung Lawu sejak Jumat (23/9/2022) pukul 05.00 WIB.

”Dari tadi itu mendungnya, dari jam lima sampai sekarang masih ada,” kata Sadiyem, dikutip dari Kompas.com, Jumat (23/9/2022).

Baca: Ekstrem, Suhu Puncak Gunung Lawu Tembus 3 Derajat saat Dini Hari

Sementara warga yang lain, Suyanto yang juga meliaht gunung Lawu bertopi awan itu menuturkan, pada pukul 07.00 WIB, awan yang berada di atas Gunung Lawu semakin lebar dan semakin memudar.

”Mulai memudar jam 07:00 WIB tadi. Bentuk topi paling bagus jam 06:30 WIB,” katanya.

Prakirawan BMKG Juanda Agatha Mayasari mengatakan, awan yang menaungi Gunung Lawu bernama lentikularis. Awan tersebut tumbuh di sekitar gunung atau dataran tinggi.

Baca: Hipotermia, Pendaki Gunung Lawu Dievakuasi Tim SAR

”Awan-awan ini mengindikasikan adanya turbulensi atau putaran angin secara vertikal yang cukup kuat,” katanya.

Agatha menambahkan fenomena awan lentikularis ini jarang terjadi dan hanya bersifat momentum atau terjadi pada waktu-waktu tertentu.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Ruangan komen telah ditutup.