Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Dua Napi Teroris di Lapas Pati Siap Ikrarkan Setia NKRI

Dua Napi Teroris di Lapas Pati Siap Ikrarkan Setia NKRI
Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Kelas II B Kabupaten Pati. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Dua narapidana (Napi) kasus teroris sedang digembleng di Lapas Kelas IIB Pati. Setelah mengikuti penggemblengan, mereka nantinya mengikrarkan kesetiaan pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Saat ini, mereka mendapatkan wawasan kebangsaan dan dasar pramuka dari Lapas Pati. Kegiatan itu, diharapkan mereka mempunyai dasar kenegaraan dan kebangsaan, sehingga ketika bebas nanti tidak terjerumus menjadi teroris lagi.

Kasi Binadik Lapas Pati Topan Ahmad menuturkan, para terpidana terorisme ini sedang mengikuti gerakan pramuka gugusdepan (Gudep) Teritorial di wilayahnya. Selain para napi terorisme ini, beberapa napi lainnya juga ikut terlibat.

”Jadi harapannya napi teroris ini bisa setia kepada NKRI. Wawasan kebangsaan agar mengingatkan kembali (kepada) mereka soal hidup bernegara. Tujuannya biar tak melakukan hal yang melanggar hukum,” tutur Topan, Jumat (23/9/2022).

Baca: Eks Teroris Jaringan ISIS Ucapkan Ikrar Setia NKRI di Lapas Pati

Napi kasus teroris yang mengikuti kegiatan sebelumnya sudah dianggap hijau atau siap inkrah dan siap janji setia kepada NKRI. Nantinya setelah mengikuti Gudep Teritorial mereka mengikrarkan setia kepada NKRI secara resmi.

”Untuk ikrarnya kapan, kami belum tahu. Menunggu koordinasi dengan pusat,” imbuh dia.

Diketahui, dua napi teroris itu masing-masing dari jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dan Jemaah Islamiyah (JI).

Napi dari jaringan JI menghuni Lapas Pati sejak 28 Juli 2022 lalu. Sedangkan napi jaringan JI sudah setahun lebih mendekam di Lapas Pati.

Selama di sel, para napi teroris itu dipisahkan dengan yang lainnya. Itu dilakukan agar ideologi mereka tidak ditularkan ke penghuni lapas lainnya.

”Mereka juga mau mengikuti pembinaan khusus dari Lapas Pati. Mereka semangat mengikutinya. Pembinaan tetap koordinasi dengan BNPT, Densus 88, Kementerian Agama (Kemenag) Pati, dan instansi terkait lainnya,” pungkas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.