Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pojok Kliping di Kudus Jadi Rujukan Mahasiswa yang Lagi Tugas Akhir

Deretan buku yang ada di Pojok Kliping Kudus. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pojok Kliping di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah memiliki banyak arsip soal sejarah Kudus dan kawasan Muria. Bahkan Pojok Kliping menjadi rujukan mahasiswa untuk memenuhi tugas akhir.

Founder Pojok Kliping, Imam Khanafi mengatakan, mahasiswa dari berbagai universitas seperti UNS, Unnes, dan UMS sering datang ke tempatnya.

Mereka yang datang ke Pojok Kliping biasanya karena sudah mencari ke beberapa tempat, namun tidak mendapatkan informasi yang dicari soal sejarah Kudus, baik arsip maupun buku.

”Selama ini memang literasi soal Kudus dapat bilang jarang. Banyak teman-teman mahasiswa yang sudah mencari ke Perpusda Kudus tetapi tidak menemukan buku atau arsip tentang Kudus,” katanya, Jumat (23/9/2022).

Selain mahasiswa yang mencari data untuk skripsi dan tugas akhir, Pojok Kliping juga menjadi referensi beberapa guru sejarah di Kudus.

”Terkadang guru sejarah dari MAN 1 Kudus juga ke sini. Saya tidak menjamin semua ada di sini (Pojok Kliping, red). Tetapi kalau soal sejarah Kudus, menurut saya di sini lebih lengkap,” sambungnya.

Baca: Menelusuri Sejarah Jalur Rempah Pati, Titik Strategis di Pantai Utara Jawa

Pojok Kliping juga kerap diminta informasi tentang sejarah oleh pihak staf Museum Kretek. Di antaranya tentang informasi rokok dan tentang sejarah Kota Kretek.

”Teman-teman dari pihak Museum Kretek juga sering cari info ke sini. Punya arsip ini itu enggak. Kami juga kadang berdiskusi bareng,” ujarnya.

Di Pojok Kliping tersedia beberapa arsip koran yang memberitakan soal Kudus. Selain itu juga terdapat buku tentang Kudus sejumlah 60 buku.

Baca: ANBK di Kudus Sering Diganggu Server Eror, Begini Respon Disdik

Beragam judul buku tentang Kudus tersedia di Pojok Kliping. Di antaranya buku berjudul Raja Kretek Nitisemito, Kudus, Sosrokartono, Yang Asing di Kampung Sendiri, Sunan Muria Today, Napak Jejak Pemikiran Sunan Muria, Djamhari Penemu Kretek, Hikayat Kretek, dan berbagai judul buku lainnya.

”Mulai mengumpulkan arsip tentang Kudus dari koran sejak 2013. Ada juga buku-buku tentang Kudus,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.