Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Diduga Korupsi Dana Desa, Mantan Kades Karanglewas Banyumas Segera Disidangkan

Ilustrasi

MURIANEWS, Banyumas – Kasus dugaan korupsi Dana Desa Karanglewas, Kecamatan Jatilawang, Banyumas segera disidangkan. Kasus yang menjerat mantan kepala desa (Kades) berinisial K (65) itu diduga mencapai Rp 622,21 juta.

Kasat Reskrim Polresta Banyumas Kompol Agus Supriadi mengatakan, saat ini berkas perkara mantan kades kades tersebut dinyatakan sudah lengkap dan sudah dilimpahkan ke kejaksaan.

”Untuk saat ini perkara sudah kami limpahkan ke pihak kejaksaan untuk proses hukum lebih lanjut,” katanya seperti dikutip detikJateng, Kamis (22/9/2022).

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil penelusuran di lapangan, dugaan korupsi tersebut terjadi pada 2016-2019 saat tersangka masih menjabat sebagai kades. Dana desa yang digelapkan bernilai cukup fantastis. Dana itu dikorupsi dengan berbagai modus oleh pelaku.

”Hasil pemeriksaan oleh Ahli dari Inspektorat Daerah Kabupaten Banyumas ditemukan kerugian keuangan negara sebesar Rp 622,21 juta,” ungkapnya.

Agus mengatakan salah satu modus yang dilakukan adalah mengelola sendiri dana pembangunan fisik. Perangkat lain tidak dilibatkan dalam pengelolaan dana.

”Selain itu K juga memasukkan item pengeluaran penghasilan tetap perangkat desa yang sebenarnya tidak ada pejabatnya,” tambahnya.

Menurutnya, uang Dana Desa hasil korupsi telah digunakan K tidak sesuai dengan peruntukannya. Atas perbuatannya itu, polisi menerapkan Pasal 2 dan 3 UU tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: detikJateng

Ruangan komen telah ditutup.