Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ketahui, Ini Dampak Isi Bensin Terlalu Penuh hingga Meluber Keluar Tangki Motor

Ketahui, Ini Dampak Isi Bensin Terlalu Penuh hingga Meluber Keluar Tangki Motor
Foto: Ilustrasi isi bensin (mypertamina.id)

MURIANEWS, Kudus – Kehabisan bensin ketika dalam perjalanan sering dialami banyak pengendara motor. Hal ini biasanya terjadi karena lupa mengisi bensin atau bisa juga akibat indikator kapasitas BBM sudah tidak normal.

Saat kehabisan bensin ini seringkali bikin repot dan menghambat aktivitas. Terutama, jika lokasinya jauh dari SPBU maupun tempat jualan bensin eceran.

Nah, guna menghindari kondisi ini, ada pengendara yang mengisi bensinnya hingga penuh alias full tank sebelum berkendara. Khususnya, jika berniat untuk bepergian jarak jauh.

Baca juga: Bensin dalam Kendaraan Ternyata Bisa Basi lho, Begini Penjelasannya

Mengisi tangki bensin dengan penuh tentu tidak ada salahnya, namun tahukah Anda bahwa kebiasaan mengisi bensin hingga kepenuhan ternyata banyak ruginya? Berikut penjelasannya, seperti dilansir dari laman Suzuki.co.id, perhatikan ketika Anda sedang mengisi bensin sepeda motor. Nozzle akan dimasukkan ke lubang tangki dan kemudian cairan bensin akan masuk ke dalamnya.

Kerap kali kita mendapati nozzle mendadak berhenti sendiri dan terdengar bunyi flop. Ini merupakan penanda bahwa pengisian sudah penuh dan Anda tak perlu menambahkan bensin lagi supaya tetap ada space atau ruang kosong pada tangki. Apa manfaat menyisakan sedikit ruang di tangki bensin? Ini ada hubungannya dengan dampak jika Anda mengisi bensin terlalu penuh, antara lain:

1. Bensin yang mengalir dari selang nozzle bisa terhisap lagi ke tangki SPBU

Dengan kata lain, bensin yang sudah terisi dan Anda bayar malah bisa terbuang percuma. Ini karena mesin pengisian mesin pengisian bahan bakar telah dilengkapi dengan penghisap uap bensin modern.

Selang ini bisa mendeteksi bensin yang diisikan sudah penuh, sehingga dengan otomatis akan menyedot kembali uap bensin yang luber dari lubang tangki. Alih-alih mengirit, Anda malah jadi membayar percuma bensin yang kepenuhan tadi.

2. Untuk proses pembakaran yang maksimal, bensin butuh ruang agar bisa mengembang

Ini yang jadi alasan kenapa setiap tangki bensin memiliki lubang. Fungsi lubang ini adalah untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan ketika bensin berada di dalam tangki.

Jadi ketika tidak ada ruang sama sekali pada tangki, maka gas yang seharusnya keluar dari lubang tersebut malah akan keluar dari tangki lewat selang. Dengan kata lain bensin yang sudah Anda isi penuh tadi hanya akan terbuang percuma juga dan tidak terpakai.

3. Dampak lainnya mungkin lebih bersifat jangka panjang

Uap bensin yang tumpah ketika Anda mengisi bensin hingga luber ke luar tangki akan merugikan kesehatan dan menyumbang polusi udara. Apalagi jika bensin tersebut malah tumpah-tumpah, tak hanya jadi boros karena harus membayar bensin yang terbuang percuma, Anda juga malah jadi ikut mencemari lingkungan.

Inilah alasan, mengapa sebaiknya Anda jangan mengisi bensin pada tangki sepeda motor sampai kepenuhan. Isilah secukupnya, jangan berlebih dan jangan juga membiarkan tangki bensin kosong.

Daripada mengeluarkan biaya lebih agar bensin terlalu penuh, lebih baik Anda mengalihkan biaya tersebut ke biaya perawatan sepeda motor. Lakukan servis rutin agar kondisi sepeda motor Anda tetap terjaga performanya.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: suzuki.co.id

Ruangan komen telah ditutup.