Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Dua Pengangkut Rokok Ilegal Seharga Rp 382 Juta Ditangkap di Kudus

Dua orang pengangkut rokok ilegal diamankan Bea Cukai Kudus. (Murianews/Bea Cukai Kudus)

MURIANEWS, Kudus — Bea Cukai Kudus, Jawa Tengah, kembali menggagalkan pengiriman rokok ilegal dari Kabupaten Kudus Jawa Tengah. Dua orang yang mengangkut rokok ilegal menggunakan minibus ditangkap.

Dua orang yang merupakan sopir dan kernet pun diamankan dalam penindakan pada Jumat (16/9/2022) pagi.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan Bea Cukai Kudus adalah sebanyak sebanyak 335.800 batang rokok ilegal berjenis sigaret kretek mesin (SKM). dengan merk Just Mild, New Boshe, Dan New Boshe Mild tanpa dilekati pita cukai.

Kepala Bea Cukai Kudus Moh Arif Setijo Nugroho menyampaikan, barang bukti tersebut memiliki perkiraan nilai barang mencapai Rp 382,8 juta.

”Sementara potensi penerimaan negara yang berhasil diselamatkan adalah sebesar Rp 259,6 juta,” ucapnya Kamis (22/9/2022).

Baca: Geropyok Rokok Ilegal, Tim Gabungan di Pati Sita Ribuan Batang

Arif mengatakan, penindakan bermula dari adanya aduan masyarakat tentang adanya mobil minibus yang digunakan untuk mengangkut rokok ilegal.

Berdasarkan informasi tersebut, tim melakukan pencarian di Jalan Raya Pati–Kudus. Sektiar pukul 08.15 WIB, Bea Cukai menemukan mobil minibus sesuai dengan yang diinformasikan sedang melaju di Jalan Raya Pati-Kudus.

Mobil minibus tersebut dihentikan di depan salah satu minimarket di Desa Golantepus, Mejobo, Kudus.

”Petugas segera melakukan pemeriksaan di lokasi pemberhentian. Seluruh rokok ilegal, mobil minibus, sopir (NN), dan kernet (DM) dibawa ke Kantor Bea dan Cukai Kudus untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” sambungnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.