Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

1,6 Juta Guru di Indonesia Belum Terima Penghasilan Layak

1,6 juta Guru di Indonesia Belum Terima Penghasilan Layak
Ilustrasi Guru

MURIANEWS, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (kemendikbudristek) mengakui jika 1,6 juta guru di Indonesia belum menerima penghasilan yang layak. Sebagian dari mereka adalah yang belum tersertifikasi dalam program Pendidikan profesi Guru (PPG).

Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek Anindito Aditomo mengatakan, syarat untuk mendapat tunjangan guru adalah melalui sertifikasi PPG. Sejauh ini, masih guru yang belum PPG.

”Masih ada sekitar 1,6 juta guru yang belum menerima penghasilan yang layak karena mereka masih antre untuk mendapatkan sertifikasi,” kata Anindito, dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis (22/9/2022).

Baca: Penuhi Kuota Guru, Kemendikbud Buka Seleksi PPG

Angka itu hampir mencakup setengah dari total jumlah guru yang tercatat di situs resmi Kemendikbud, yaitu 3,3 juta orang. Oleh karena itu, kesejahteraan guru menjadi salah satu dari tiga pokok urgensi yang ingin dipecahkan oleh RUU Sisdiknas.

”RUU Sisdiknas dirancang untuk mengatasi kesenjangan, meningkatkan mutu dan memperbaiki kesejahteraan guru,” ujarnya.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Kemendikbudristek, gap antara hasil belajar siswa dari keluarga kelas menengah atas dengan keluarga kelas menengah bawah terpaut sekitar dua tahun pembelajaran.

Baca: Fraksi PPP Jepara Desak Kesejahteraan Guru Ditingkatkan

“Dua orang anak boleh jadi berusia sama dan menempuh tahun pembelajaran yang sama tetapi hasil belajar mereka kalau dari status sosial ekonomi yang berbeda itu biasa terpaut sampai dengan dua tahun bahkan lebih,” ujarnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

Ruangan komen telah ditutup.