Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mau Wisata ke Gunung Bromo? Ini Empat Pintu Masuk yang Bisa Dipilih

Mau Wisata ke Gunung Bromo? Ini Empat Pintu Masuk yang Bisa Dipilih
Foto: Kawasan wisata Gunung Bromo, Jawa Timur (sant_osa dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Gunung Bromo adalah salah satu destinasi wisata alam di Jawa Timur yang menjadi idaman para wisatawan domestik maupun mancanegara. Salah satu daya tariknya adalah indahnya pemandangan alam di sekitar kawasan wisata itu.

Bagi yang ada rencana liburan ke sana, calon wisatawan bisa memesan secara daring. Namun ada satu hal yang harus diperhatikan ketika memesan secara daring, yaitu akan berwisata ke Gunung Bromo melalui pintu masuk mana.

Meski terdengar sepele, hal tersebut harus diperhatikan biar tidak salah lokasi piihan. Melansir dari Kompas.com, berikut empat pintu masuk wisata Gunung Bromo.

Baca juga: Menikmati Asyiknya Piknik Lesehan di Sabana Gunung Bromo, Mau Coba?

1. Cemoro Lawang (Kabupaten Probolinggo)

Pertama ada pintu masuk ke Gunung Bromo via Cemoro lawang yang ada di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Di sini ada satu site yaitu Mentigen dan wisatawan juga dapat berkunjung ke Seruni Point sebelum turun ke Lautan Pasir.

2. Penanjakan (Kabupaten Pasuruan)

Pintu masuk yang berikutnya ke Gunung Bromo adalah melalui Penanjakan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Tempat ini jadi salah satu pintu masuk yang paling banyak dilalui wisatawan karena ada site yang mampu menampung lebih dari 400 pengunjung. Selain itu terdapat site lain seperti Bukit Cinta dan Bukit Kedaluh.

3. Coban Trisula (Kabupaten Malang)

Saat wisatawan tengah berkunjung di Kota atau Kabupaten Malang dan ingin mampir ke Gunung Bromo, maka pintu masuk paling dekat adalah melalui Coban Trisula. Pintu masuk ini ada di sisi selatan Lautan Pasir Bromo. Dari Malang lalu lurus ke timur Ranu Pani, pintu masuk ini ada di Pertigaan Jemplang.

4. Senduro (Kabupaten Lumajang)

Terakhir ada pintu masuk ke Gunung Bromo via Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Pintu masuk satu ini khususnya ditujukan untuk yang tinggal atau berdomisili di sisi timur kawasan Gunung Bromo, seperti Lumajang dan Jember. Wisatawan nantinya akan masuk ke Lautan Pasir Bromo via Pertigaan Jemplang dan Sabana Teletubbies merupakan site terdekat dari pertigaan itu.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: Kompas.com

Ruangan komen telah ditutup.