Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Fungsi Kaca Spion di Dalam Interior Mobil yang Penting Diketahui

Ini Fungsi Kaca Spion di Dalam Interior Mobil yang Penting Diketahui
Foto: Ilustrasi spion dalam mobil (StockSnap dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Semua mobil pasti dilengkapi dengan kaca spion. Ada dua buah kaca spion utama yang terpasang di samping kanan dan kiri.

Kemudian, ada juga spion yang ada di dalam interior mobil. Selama ini, banyak pemilik mobil yang menganggap kaca spion ini hanya sebagai hiasan saja.

Sebaiknya, jangan mengganggap sepele kaca spion ini karena punya fungsi penting. Melansir dari Auto 2000, berikut fungsi kaca spion bagian dalam interior.

Baca juga: Sering Buka Tutup Spion Otomatis Mobil secara Manual ternyata Punya Efek Buruk lho

1. Melihat Kondisi Lalu Lintas di Belakang

Adanya spion di bagian tengah antara kursi pengemudi dan penumpang di depan berguna untuk memantau kondisi lalu lintas di belakang mobil. Kewaspadaan pengemudi akan meningkat melalui spion ini dengan mengetahui posisi kendaraan sendiri.

Selain itu, dengan spion pengemudi juga akan lebih waspada akan adanya tindak kriminal di jalan seperti begal, copet hingga orang yang membuntuti kendaraan.

2. Mencegah Terjadinya Tabrakan saat Pindah Jalur

Fungsi selanjutnya adalah untuk mencegah terjadinya tabrakan ketika pindah jalur. Pengemudi wajib melihat spion sebelum pindah jalur agar tidak mengganggu kendaraan lain, terutama saat di jalan tol.

Pengemudi dapat lebih leluasa pindah jalur saat kondisi lalu lintas di belakang mobil tengah lengang. Sebaliknya saat kondisi tengah padat, pengemudi dapat melihat melalui spion kapan waktu yang tepat untuk pindah jalur.

3. Membantu saat Parkir

Memarkirkan mobil tentu perlu ekstra hati-hati agar kendaraan tidak tersenggol mobil atau objek lain di belakang. Saat memundurkan mobil, pengemudi bisa memanfaatkan kaca spion untuk memudahkan dalam memosisikan kendaraan secara tepat.

4. Memudahkan saat Mundur

Yang terakhir spion tengah ini bisa membantu pengemudi dalam manuver mundur tanpa bantuan orang lain. Karena selain spion bagian tengah, area belakang mobil bisa terlihat jelas di kaca spion mobil yang terpasang di sisi kanan dan kiri.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: auto2000.co.id

Ruangan komen telah ditutup.