Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jaga Kondisi Modul ABS Motor dengan Rutin Ganti Minyak Rem

Jaga Kondisi Modul ABS Motor dengan Rutin Ganti Minyak Rem
Foto: Ilustrasi (Olaf dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Agar kerusakan modul ABS pada motor dapat dicegah, hanya perlu melakukan pergantian minyak rem secara berkala. Modul ABS harus benar-benar terawat agar pemilik motor tidak keluar uang lebih banyak karena harga partnya yang cukup mahal.

”Contoh untuk Maxi Yamaha itu harga modul ABS baru harganya mencapai Rp 4,5 juta,” terang Dustin owner Garage +62 di Kembangan, Jakarta Barat, dikutip dari Gridoto.

Dustin melanjutkan, kerusakan pada modul ABS selama ini dikarenakan munculnya karat efek dari minyak rem tidak pernah diganti. Seiring waktu, minyak rem akan menyerap udara yang membuat kandungannya muncul banyak air.

Baca juga: Berkendara Motor saat Hujan, Ini Cara Pengereman supaya Aman yang Penting Diketahui

Tingginya kandungan air pada minyak rem akan membuat korosi pada modul ABS. Munculnya korosi ini akan menyebabkan kerusakan pada modul ABS.

Hal ini akan bertambah buruk jika minyak rem rembes ke area PCB di modul ABS. Jika ini terjadi, modul ABS tidak bisa diperbaiki dan pemilik motor harus ganti modul baru agar motor dapat mengerem normal lagi.

”Atau kalian bisa mengubah sistem pengereman yang tadinya ABS jadi non-ABS, tapi tetap saja butuh biaya sekitar Rp 2 jutaan,” tutupnya.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: gridoto.com

Ruangan komen telah ditutup.