Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ketika Terbangun dari Tidur di Tengah Malam, Bacalah Doa Ini

Ketika Terbangun dari Tidur di Tengah Malam, Bacalah Doa Ini
Foto: ilustrasi tengah malam (Alexa dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Mendadak terbangun dari tidur pada tengah malam sering dialami banyak orang. Sebagian orang, bahkan tidak bisa tidur lagi setelah terbangun di tengah malam ini.

Lalu, apa yang seharusnya dilakukan, saat terbangun pada tengah malam tersebut. Dalam ajaran Islam, kita disarankan untuk berdoa ketika dalam kondisi seperti ini.

Dikutip dari laman NU Online, Rasulullah saw mengajarkan zikir (doa) yang dibaca ketika seseorang terbangun dari tidurnya. Rasulullah mengajarkan sahabatnya untuk memuji Allah yang telah menjaga kesehatan dan mengembalikan rohnya saat terbangun.

Baca juga: Ini Doa yang Dibaca saat Proses Persalinan

Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah mengutip hadits Rasulullah saw yang berisi doa bangun tidur riwayat dua kitab shahih melalui karyanya Al-Wabilus Shayyib minal Kalimit Thayyib, (Kairo, Darur Rayyan lit Turats: 1987 M/1408 H, halaman  132).

Berikut ini doa berikut transliterasi dan terjemahannya:

 الحَمْدُ للهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ فِي جَسَدِيْ وَرَدَّ عَلَيَّ رُوْحِيْ وَأَذِنَ لِيْ بِذِكْرِهِ

Alhamdulillāhil ladzī ‘āfānī fī jasadī, wa radda ‘alayya rūhī, wa adzina lī bi dzikrihī. Artinya: ”Segala puji bagi Allah yang telah menjaga kesehatan ragaku, mengembalikan nyawaku, dan mengizinkanku menyebut nama-Nya,” (HR Bukhari dan Muslim).

Doa ini dapat dibaca ketika seseorang terbangun dari tidurnya di malam hari atau di siang hari. Wallahu a’lam.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: nu.or.id

Ruangan komen telah ditutup.