Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Fungsi Lampu Kolong Motor dan Cara Memasangnya

Ini Fungsi Lampu Kolong Motor dan Cara Memasangnya
Foto: Lampu kolong motor (astramotor.co.id)

MURIANEWS, Kudus – Memodifikasi sepeda motor saat ini lazim dilakukan para pecinta otomotif. Tujuannya, biar penampilan motor makin keren dan gagah.

Dalam melakukan modifikasi motor ini ada banyak ragamnya. Misalnya, ada yang merombak sebagian besar bodi sehingga cukup beda penampilannya dengan aslinya.

Namun, ada juga yang hanya melakukan modofikasi secara sederhana. Artinya, hanya beberapa bagian tertentu saja yang tersentuh modifikasi.

Baca juga: Mau Modifikasi Pelek Mobil Lebih Lebar? Hati-Hati Efek Sampingnya

Ada juga yang menambahkan beberapa aksesoris dalam kendaraan saat dimodifikasi. Salah satunya menambah lampu kolong motor biar penampilan motor lebih unik.

Bagi sebagian orang, mungkin masih asing dengan lampu kolong motor. Baik itu, bentuknya, fungsinya hingga cara memasangnya.

Melansir dari laman Astra Motor, lampu kolong motor merupakan lampu aksesoris tambahan di luar sistem penerangan atau lampu dari pabrikan sepeda motor. Lampu  kolong ini merupakan lampu hiasan yang diletakan dibagian kolong atau bawah motor.

Biasanya pemasangan lampu kolong seringkali bisa kita jumpai pada jenis motor vixion, beat, vario dan beberapa jenis motor lainnya. Jika melihat dari fungsinya, tentu saja modifikasi ringan dengan memasang lampu kolong motor ini bukan merupakan sebuah pelanggaran hukum yang akan membuat Anda terkena tilang.

Fungsi Lampu Kolong Motor

Apa sih fungsi lampu kolong pada sepeda motor? Fungsi lampu kolong ini hanya sebatas variasi tambahan untuk membuat motor terlihat lebih menarik, terutama ketika berkendara di malam hari, maka lampu dibawah kendaraan akan terlihat menarik. Jika Anda tertarik melakukan modifikasi ini, simak cara memasang lampu kolong motor berikut ini.

Memasang Lampu Kolong Motor

Sebenarnya cara memasang lampu kolong pada motor tidaklah terlalu sulit. Jadi bagi kalian yang ingin memasang lampu variasi LED dibawah kolong motor, berikut ini kami rangkum alat, bahan serta panduan cara memasangnya yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Alat dan Bahan

  • Tentunya lampu LED strip (bisa dibeli di bengkel terdekat atau online shop).
  • Gunting
  • Obeng
  • Saklar
  • Solder + Tinol.
  • Kabel secukupnya.
  • Serta selotip.

Berikut Cara Memasang Lampu Kolong Motor

1. Buka cover belakang motor kalian terutama cover lampu rem hingan kalian mudah untuk menjangkau kabel yang terdapat pada lampu rem.

2. Apabila cover lampu rem sudah terbuka, maka aka nada 3 kabel utama yang terpasang, diantaranya kabel lampu senja, kabel lampu rem, dan kabel ground atau (-) aki yang langsung terhubung ke bagian bodi.

3. Untuk memasang lampu LED variasi kolong motor, silahkan cari terlebih dahulu kabel yang mengarah ke bagian lampu senja.

4. Apabila kabel di temukan, selanjutnya cari kabel yang mengarah ke bagian body atau kabel (-) negatif aki.

5. Setelah kedua kabel kita dapatkan, maka langkah selanjutnya kita hanya perlu menyambungkan kedua kabel tersebut ke kutub (+) positif lampu dan (-) dengan menggunakan tambahan kabel yang sudah disiapkan.

6. Pada proses pemasanganannya, pastikan kalian menyolder kutub positif (+) lampu LED variasi ke kaki saklar satu dan kaki saklar kedua kalian solder atau sambungkan ke kabel yang terhubung ke lampu senja motor.

7. Sedangkan untuk kutub (-) negatif pada lampu LED variasi kalian solder atau sambung dengan kabel yang menuju ke bagian bodi atau negatif aki.

8. Jika semua kabel sudah terpasang langsung saja kalian tempelkan lampu LED variasi kolong motor ke tempat yang sudah di tentukan, yaitu kolong motor.

9. Apabila semua sudah diselesaikan, rapikan kabel dan pastikan setiap sambungan kabel yang dibuat tidak ada yang menempel agar tidak terjadi konselting.

10. Kemudian langkah terakhir kalian hanya perlu mencoba menyalakan kunci kontak lalu nyalkan saklar lampu kolong motor untuk memastikan lampu menyala.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: astramotor.co.id

Ruangan komen telah ditutup.