Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Siap-Siap, Tarif Tol akan Disesuaikan Imbas Kenaikan Harga BBM

Siap-Siap, Tarif Tol akan Disesuaikan Imbas Kenaikan BBM
Ilustrasi Jalan Tol ( bpjt.pu.go.id)

MURIANEWS, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana akan menyesuaikan tarif tol. Hal ini merupakan imbas dari kenaikan harga bahan Bakar Minyak (BBM) yang membuat perekonomian negara kembali bergerak.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengaku tidak menampik rencana adanya penyesuaian tarif tol tersebut. Namun, pihaknya masih akan tetapi melakukan berbagai perimbangan sebelum semuanya ditetapkan.

Menurutnya, akan ada survei terlebih dahulu untuk mengambil kebijakan penyesuaian tarif tol tersebut.

Baca: Siap-Siap, Tarif Tol Bakal Naik Tahun Ini

”Kalau tarif tol karena ini kondisi pandemi Covid-19 agak saya tahan-tahan (kenaikan tarif tol), sekarang sudah bergerak ekonominya, sesuai aturan, sesuai inflasi, kita coba penyesuaiannya (tarif tol),” kata Basuki, dikutip dari Kompas.com, Rabu (21/9/2022).

Basuki juga menjelaskan, untuk penyesuaian tarif tol ini tentunya juga akan mempertimbangkan kemampuan masyarakat. Karena itu, hasil survei nantinya akan menjadi analisis untuk menentukan kebijakan tersebut.

”Selama penyesuaiannya willingness to pay-nya masih di bawah yang kita selalu survei, kita akan sesuaikan,” ujarnya.

Baca: Mudik Lewat Jalan Tol Jakarta-Semarang, Ini Rincian Tarif Terbaru untuk Kendaraan Golongan I

Lebih lanjut, Basuki mengatakan, penyesuaian tarif tol akan berpengaruh pada pelayanan tol dan iklim investasi.

”Mudah-mudahan kita lihat, selama ini saya kadang-kadang dikomplen melanggar Undang-Undang tapi selama membela masyarakat,” terangnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Ruangan komen telah ditutup.