Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sopir hingga Tenaga Kebersihan di Jepara Mendaftar Pegawai Non-ASN

Sopir hingga Tenaga Kebersihan di Jepara Mendaftar Pegawai Non-ASN
Ilustrasi. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Sejumlah sopir, tenaga keamanan hingga tenaga kebersihan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara mendaftarkan diri jadi pegawai Non Aparatur Sipil Negara (ASN).

Itu diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Jepara, Oni Sulistijawan. Menurutnya, itu berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Managemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK).

Menurutnya, pendaftaran itu sekaligus sebagai upaya pendataan. Mulanya, pendaftaran itu untuk pegawai honorer selain sopir, tenaga keamanan dan tenaga kebersihan.

”Tapi di Kabupaten Jepara, sopir, tenaga keamanan dan tenaga kebersihan diberi kesempatan itu,” jelas Oni, Rabu (21/9/2022).

Baca: Jepara Buka Formasi 1.015 PPPK, Separuhnya Guru

Oni mengatakan, proses pendataan pegawai rencananya berlangsung hingga akhir pekan ini.

”Sesuai PP, sopir, kebersihan, keamanan tidak masuk pendataan, tapi tetap kami data. Apakah nanti dipakai, biar pemerintah pusat yang menyortir,” ujar Oni ditemui di ruang kerjanya.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Sopir non ASN, Soni Agus Tjahyo Adi, mengatakan saat ini ada sekitar 80 sopir yang digaji dengan sistem alih daya. Semuanya mengikuti proses pendataan pegawai non ASN.

”Semua ikut (pendataan), sudah membuat akun. Kalau saya tinggal upload nominative gaji sama SK (surat keputusan). Ijazah, NIK (Nomor Induk Kependudukan) sudah (unggah) karena itu syarat untuk bikin akun,” kata Soni yang sudah bekerja jadi sopir di lingkungan pemerintah Kabupaten Jepara sejak 2009.

Dengan diikutsertakan dalam pendataan pegawai non ASN, Soni berharap dapat merubah status kepegawaiannya.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.