Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kodim Pati Beri Arahan pada UMKM dan Peternak, Ada Apa?

Kodim Pati Beri Arahan pada UMKM dan Peternak, Ada Apa?
Program Bakti Kemandirian Masyarakat 2022, Rabu (21/9/2022). (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Kodim 0718/Pati memberi arahan pada puluhan pelaku UMKM hingga peternak di Kabupaten Pati. Pengarahan itu dilakukan dalam program Bakti Kemandirian Masyarakat 2022, Rabu (21/9/2022).

Ada 92 peserta yang mengikuti kegiatan di Markas Komando Kodim Pati itu. Mereka terdiri dari pelaku UMKM, perikanan dan peternakan.

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Dandim 0718/Pati Letkol Inf Catur Irawan. Agenda bidang teritorial itu menggandeng Dinas Perdagangan Dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati dan Dinas Pertanian Dan Peternakan (Dispertan).

Disdagperin memberi materi tentang pemanfaatan tehnologi tepat guna serta  pengembangan UMKM.

Sedangkan dari Dispertan menyampaikan materi Pengembangan usaha peternakan dan pengembangan usaha perikanan.

Baca: Harga Sembako Stabil di Pati Diklaim Stabil

Dandim 0718/Pati Letkol Inf Catur Irawan mengatakan, kegiatan bakti kemandirian masyarakat adalah suatu wujud kepedulian TNI kepada masyarakat di wilayahnya.

”Ini merupakan kepedulian TNI terhadap masyarakat untuk mengatasi kesulitan, meningkatkan kapasitas masyarakat melalui solusi aplikatif yang mudah diterapkan,” ujar dia.

Diharapkan para peserta nantinya dapat meningkatkan taraf hidup, ekonomi dan kesejahteraan. Serta terwujudnya ketahanan masyarakat terhadap ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan terhadap kedaulatan NKRI.

”Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan masyarakat dengan memberdayakan potensi wilayah. Dengan begitu, masyarakat menjadi lebih mandiri dan memiliki peluang untuk meningkatkan taraf hidupnya sendiri,” imbuh dia.

Ia berharap, dengan terselenggarakannya kegiatan bakti kemandirian, para pelaku peternakan, perikanan dan UMKM dapat mandiri tanpa menunggu bantuan dari orang lain. Akhirnya mereka mampu mewujudkan potensi sebagai warga negara dalam pembangunan ekonomi dan sosial.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.