Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kepesertaan JKN Capai 95 Persen, Kudus Kembali Masuk UHC

Kepesertaan JKN Capai 95 Persen, Kudus Kembali Masuk UHC
Penyerahaan penghargaan status UHC Pemkab Kudus, Rabu (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Cakupan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, kini telah mencapai 95,34 persen dari jumlah penduduk sebesar 867 juta jiwa.

Dengan capaian itu, Kabupaten Kudus secara resmi kembali berada di status Universal Health Coverage (UHC). Atas keberhasilan itu Kabupaten Kudus mendapatkan penghargaan.

Penyerahan penghargaan diberikan langsung Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, David Bangun kepada Bupati Kudus HM Hartopo.

Penghargaan diberikan di Pendapa Kabupaten Kudus, Rabu (21/9/2022). Dalam kesempatan itu, juga dilakukan penandatanganan kesepakatan pengoptimalan UHC di Kabupaten Kudus.

Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Kudus pihaknya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam pencapaian UHC ini.

Baca: Pemkab Kudus Siap Tanggung Iuran JKN Pensiunan Buruh Rokok Tak Mampu

Hartopo mengatakan, kembalinya status UHC ke Kabupaten Kudus sendiri menjadi motivasi pemerintah daerah untuk terus bisa meningkatkan cakupan kepesertaannya.

”Saat ini UHC di Kudus sudah 95 persen. Ini merupakan peran serta dari semua elemen juga termasuk teman-teman pimpinan daerah. Mudah-mudahan capaian kepesertaan terus berkembang dan terus meningkat,” kata Hartopo.

Sementara, David Bangun mengungkapkan, dengan status UHC ini, Pemkab Kudus lebih mudah dalam mendaftarkan masyarakatnya untuk bisa dijamin kesehatannya melalui JKN.

”Jadi ketika masyarakat didaftarkan Pemkab, status kepesertaannya langsung aktif. Tidak usah menunggu,” kata David.

Dia pun mengucapkan selamat atas diraihnya status UHC oleh Pemkab Kudus. Ini akan menjadi kado indah Kabupaten Kudus yang berusia 470 tahun di bulan ini.

Status UHC milik Pemkab Kudus sendiri sempat hilang pada tahun 2021 kemarin di mana cakupan kepesertaan saat itu bahkan menurun di bawah 90 persen.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.