Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

PBSI Kudus Gelar Coaching Clinic Bulutangkis Untuk Siswa SD

PBSI Kudus
PBSI Kudus menggelar coaching clinic di GOR Bung Karno Kudus.(Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pengkab PBSI Kudus, Jawa Tengah menggelar coaching clinic, Rabu (21/9/2022) di GOR Bung Karno, Kudus. Coaching clinic tersebut dimaksudkan sebagai upaya mengenalkan bulutangkis sejak dini.

Coaching clinic tersebut diikuti sekitar 50 siswa Sekolah Dasar dari beberapa sekolah yang ada di Korwil Kecamatan Kota Kudus. Mereka diajari dasar bermain bulutangkis seperti pukulan lop, pukulan forehand, dan pukulan backhand.

Pukulan lop merupakan teknik pukulan yang dilakukan dengan mengarahkan shuttlecock setinggi mungkin ke arah belakang garis lapangan lawan. Sedangkan pukulan forehand merupakan pukulan yang diarahkan dari belakang badan ke arah depan. Sementara pukulan backhand yakni pukulan yang menggunakan tangan kanan tetapi dari sebelah kiri sehingga tangan membelakangi arah pukulan.

PBSI Kudus menggelar coaching clinic di GOR Bung Karno Kudus.(Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

Moch Revindra Rayhaldi, salah satu pelatih di coaching clinic ini menggunakan balon sebagai alat peraga. Dengan balon, ketiga pukulan tersebut ‘dikenalkan’ kepada para peserta.

BACA JUGA: PBSI Kudus Juga Akan Gelar Turnamen Bulutangkis Kretek Cup XV

“Pertama, anak-anak kami beri balon terlebih dahulu sebelum menggunakan shuttlecock. Kalau langsung pengenalan menggunakan shuttlecock nanti cepat jatuh sehingga tidak efektif untuk latihan pukulan lop, backhand, dan forehand. Kalau menggunakan balon kan melayangnya lebih lama,” katanya, Rabu (21/9/2022).

Selain itu, tidak semua peserta coaching clinic tahu dasar-dasar bermain bulutangkis. Sebab, ada beberapa peserta yang baru mengenal olahraga bulutangkis untuk pertama kalinya.

“Tujuannya untuk meningkatkan animo siswa-siswi di Kudus agar tertarik belajar bulutangkis. Sehingga saat ada even Simpang Tujuh Master, Bitingan Master, dan even lainnya dapat tertarik untuk ikut,” sambungnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Budi Erje

Ruangan komen telah ditutup.