Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bawaslu Jepara Buka Pendaftaran Panwascam

Bawaslu Jepara Buka Pendaftaran Panwascam | MURIANEWS
Ketua Bawaslu Kabupaten Jepara Sujiantoko. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, resmi membuka pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Rabu (21/9/2022).

Total, Bawaslu Jepara membutuhkan sebanyak 48 orang Panwascam. Ketua Bawaslu Kabupaten Jepara, Sudjiantoko menyampaikan, pendaftaran Panwascam dimulai hari ini dan ditutup pada 27 September 2022.

”Tapi, kalau sampai batas akhir pendaftaran kurang pendaftar, nanti akan diperpanjang,” kata Sudjiantoko.

Baca: Waspada! 14 Daerah di Jateng Ini Rawan Tanah Gerak dan Longsor, Salah Satunya Jepara

Pasca penutupan pendaftaran Panwascam, lanjut Sudjiantoko, tahapan berikutnya adalah seleksi administrasi. Berdasarkan ketentuan yang ada, jumlah pendaftar harus mencapai dua kali kebutuhan Panwascam. Untuk itu, jika belum terpenuhi kuotanya, maka akan diperpanjang sampai tanggal 8 Oktober 2022.

Sudjiantoko menjelaskan, nantinya setiap kecamatan akan ada tiga Panwascam. Sehingga, minimal harus ada enam pendaftar yang memenuhi syarat di tiap-tiap kecamatan.

Adapun syarat-syarat pendaftar yaitu tidak pernah menjadi anggota partai politik. Atau telah mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik sekurang-kurangnya lima tahun pada saat mendaftar.

”Ada juga syarat tidak pernah menjadi anggota tim kampanye,” jelas Sudjiantoko.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.