Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Candi Joglo Purwodadi Bakal Raih Penghargaan dari PWI Jateng

Candi Joglo Purwodadi Bakal Raih Penghargaan dari PWI Jateng
Pengunjung di event di Purwodadi Market Fest yang digelar di Candi Joglo Purwodadi, baru-baru ini. (Murianews/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Candi Joglo Purwodadi, Kabupaten Grobogan menjadi salah satu penerima penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah.

Tempat wisata di Desa Krangganharjo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan itu dinilai mampu membangkitkan sektor pariwisata dari pandemi Covid-19.

Rencananya, penghargaan diberikan, Jumat, 23 September 2022 di Pelataran Panca Arga, Ketep Pas, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Pengelola Candi Joglo Purwodadi, Muhadi menyatakan terima kasihnya atas penghargaan tersebut. Dia menyebut, ada beberapa kegiatan yang dibuatnya untuk membangkitkan wisata di tengah hantaman pandemi ini.

”Kami membuat bazar dan even seni budaya. Kegiatan itu kami anggap mampu membangkitkan ekonomi kreatif. Dengan even itu kemudian terbentuk mindset di masyarakat bahwa ekonomi sudah mulai bergeliat,” ujar Muhadi, Rabu (21/9/2022).

Baca: Candi Joglo Purwodadi MarketFest: Datang Bawa Rp 20 Ribu, Pulang Punya Baju Baru

Selain menggelar even tersebut, Muhadi menyatakan pihaknya juga menggandeng sejumlah biro tour lokal Grobogan dan Jawa Tengah untuk membuat paket-paket wisata ke Grobogan.

Langkah itu bertujuan agar meningkatkan daya tarik wisata Grobogan. Dengan begitu, wisata ke Grobogan menjadi lebih menarik.

”Sudah ada 168 biro tour yang bekerja sama dengan Candi Joglo. Grobogan ini strategis, karena berada di perempatan antar kota-kota daerah, khususnya masyarakat utara (Jawa),” imbuhnya.

Bukan hanya itu, Candi Joglo juga bekerja sama dengan objek wisata di kabupaten lain seperti Sragen, Solo, Klaten, Demak, Kudus, Boyolal, Blora, dan Semarang.

”Kami buat konsep ‘two day tour’, atau wisata dua hari semalam. Jadi bisa terjalin antardestinasi wisata,” kata dia.

Muhadi menyatakan siap menjalin komunikasi dan bersatu dengan seluruh pegiat wisata dan ekonomi kreatif, khususnya di Grobogan. Sehingga, tidak hanya mampu bangkit dari pandemi, namun juga mampu memiliki daya saing dengan potensi masing-masing.

”Bila suatu objek wisata tidak mampu mandiri, bisa kerja sama dengan masyarakat yang memiliki potensi ekonomi kreatif, sehinga memiliki daya tarik yang lebih,” kata dia.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.