Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Metro Jatim

Jatim Perpanjang Pemutihan Pajak Kendaraan Hingga 15 Desember

Foto: Ilustrasi peembayaran pajak kendaraan (detik.com/Hasan Alhabshy)

MURIANEWS, Surabaya – Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) memperpanjang program pemutihan pajak kendaraan yang semula berakhir 30 September menjadi 15 Desember 2022. Perpanjangan ini merupakan perpanjangan kedua yang dilakukan Pemprov Jatim.

Melansir dari laman kominfo.jatimprov.go.id, program pemutihan pajak kendaraan mulanya direncanakan berlaku sejak 1 April 2022 sampai akhir Juni. Akan tetapi, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara resmi memperpanjang program tersebut hingga 30 September 2022.

Tak berhenti di situ, Gubernur kembali memperpanjang program pemutihan pajak kendaraan tersebut hingga 15 Desember 2022. Khofifah berharap kesempatan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat Jawa Timur.

”Pemprov Jatim menyelenggarakan berbagai layanan dalam program tersebut, di antaranya pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), dan jenis pajak lain dengan ditiadakannya sanksi administrasi,” katanya.

Menurut Khofifah, program ini merupakan salah satu upaya pemerintah memberikan layanan terbaik dan meringankan beban masyarakat. Program ini diklaim mampu menarik minat masyarakat dengan keuntungan yang ditawarkan.

Program ini dinilai mampu memberikan kontribusi dalam meningkatkan objek PKB dari kendaraan luar provinsi. Kontribusi wajib pajak dalam keikutsertaannya di program ini juga mampu meningkatkan pendapatan daerah.

“Tak hanya itu, kami juga memberikan apresiasi pada wajib pajak yang taat pajak, yakni berupa hadiah. Tak main-main, Pemerintah Provinsi Jatim mempersiapkan 46 tabungan umroh yang pengundian dilakukan dalam tiga tahap,” ungkapnya.

Tahap pertama telah diundi saat Ramadan. Lalu, tahap kedua telah diundi pada HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022. Terakhir, pengundian akan berlangsung pada HUT Provinsi Jawa Timur, yakni Oktober.

Untuk Anda warga Jatim yang belum sempat merasakan manfaat dari program pemutihan pajak kendaraan tersebut masih ada waktu hingga 30 September. Jangan ditunda, ya!

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Ruangan komen telah ditutup.