Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mendaki Puncak Gunung Telomoyo, Berburu Indahnya Matahari Terbit

Mendaki Puncak Gunung Telomoyo, Berburu Indahnya Matahari Terbit
Foto: Panorama matahari terbit dari puncak Gunung Telomoyo Jateng (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

MURIANEWS, Semarang – Menyaksikan indahnya matahari terbit dari atas gunung menjadi kepuasan bagi sebagian orang. Melihat matahari terbit bisa menjadikan pikiran terasan segar dan bersemangat.

Ada banyak puncak gunung yang menawarkan panorama matahari terbit atau sunrise ini. Salah satunya adalah puncak Gunung Telomoyo di Jawa Tengah.

Gunung Telomoyo berada di wilayah Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.894 m dpl yang dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Baca juga: Indahnya Panorama di Puncak Gunung Andong Magelang, Tempat Pendakian Favorit bagi Pemula

Melansir dari laman visitjawatengah.jatengprov.go.id, selain berburu sunrise, wisatawan banyak menghabiskan waktu untuk bersantai menikmati pemandangan, berkemah, berswafoto sampai aktivitas paralayang. Tak heran jika banyak yang datang ke tempat ini bahkan pada hari biasa.

Akses Menuju Lokasi

Jika dari arah Kota Semarang maka perlu mengarahkan kendaraan menuju Ungaran kemudian melewati jalur Lingkar Salatiga dan berbelok ke arah Kopeng. Nanti akan ada petunjuk jalan untuk menuju puncak Gunung Telomoyo.

Untuk lebih mudahnya bisa menggunakan Google Maps untuk sampai ke puncaknya tanpa repot. Dari loket sampai ke puncaknya membutuhkan waktu sekitar 45 menit sampai satu jam. Jadi Anda bisa memperkirakan sendiri untuk waktu perjalanannya nanti.

Sunrise Terindah di Indonesia

Sampai puncak, hawa dingin akan lebih terasa dengan hembusan angin sedikit kencang. Di sana akan melihat pemandangan menakjubkan dengan hamparan warna hijau dari perbukitan dan gunung sekitar. Mata seakan dimanjakan dengan keindahan tak terhingga dari ciptaan-Nya.

Ketika memasuki waktu sunrise, matahari perlahan akan tampak terbit dari Timur dengan warna oranye-kekuningan. Jika datang pada saat yang tepat, tidak ada awan atau kabut yang menghalangi, Anda bisa mendapatkan foto sunrise yang terbaik dari Puncak Telomoyo. Berbagai jenis foto atau video seperti landscape, time-lapse, portrait, pose, panorama dan lainnya bisa Anda dapatkan di sini.

Tips Berburu Sunrise Puncak Telomoyo

1. Pastikan Kendaraan dalam Kondisi Fit

Jalanan menuju puncak Gunung Telomoyo diwarnai dengan jalan menanjak dan berkelok. Di beberapa tempat masih terdapat jalan yang rusak dan licin. Jadi perlu ekstra hati-hati untuk sampai di puncak Gunung Telomoyo. Kondisi kendaraan yang fit ini juga mempengaruhi keselamatan selama berburu sunrise. Bayangkan saja jika rem blong atau ban motor terlalu licin saat menanjak? Tentu tidak asyik, bukan?

2. Datang saat Musim Kemarau

Waktu terbaik untuk mendapatkan sunrise adalah bulan Agustus sampai Oktober. Pada bulan ini sudah memasuki musim kemarau sehingga lebih sedikit kemungkinannya terhalang kabut dan hujan. Waktu terbaik saat sampai di puncaknya adalah jam 5.00 sampai jam 5.30 WIB. Jadi jangan sampai terlewat atau terlambat sampai di puncak, ya!

3. Bekal dan Peralatan yang Dibutuhkan

Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi, pastikan untuk membawa perbekalan secukupnya yang dibutuhkan selama berburu sunrise. Hal ini berguna untuk mengurangi beban saat menanjak dan kelebihan muatan yang tidak diperlukan. Jangan lupa untuk membawa pakaian hangat agar tidak menggigil saat menunggu sunrise.

Bawa kamera terbaik dengan lensa tambahan (lensa wide) untuk mendapatkan potret panorama yang menakjubkan. Bukan hanya sunrisenya yang menarik tapi jika cuaca benar-benar terlihat akan tampak gunung lain yang bisa menjadi background foto.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Ruangan komen telah ditutup.