Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Berkendara Motor saat Hujan, Ini Cara Pengereman supaya Aman yang Penting Diketahui

Berkendara Motor saat Hujan, Ini Cara Pengereman supaya Aman yang Penting Diketahui
Foto: Ilustrasi naik motor saat cuaca hujan. (astramotor.co.id)

MURIANEWS, Kudus – Pengetahun pentingnya berkendara motor yang aman penting dimiliki semua pengendara. Pasalnya, saat berkendara seringkali dihadapkan pada situasi yang berbeda.

Misalnya, bekendara tidak selalu di jalan yang mulus. Ada kalanya, terpaksa harus berkendara dalam kondisi jalan berlubang, dan membahayakan.

Selain itu, faktor cuaca juga kerap berbeda. Di mana, seringkali kita harus berkendara dalam cuaca hujan.

Baca juga: Sering Buka Tutup Spion Otomatis Mobil secara Manual ternyata Punya Efek Buruk lho

Nah, berkendara saat hujan tentu berbeda dengan cuaca terang. Terutama, perlu diperhatikan cara pengereman kendaraan saat melaju di bawah guyuran hujan akibat kondisi jalan yang licin.

Ada beberapa teknik pengereman yang perlu Anda lakukan agar tidak jatuh terpeleset atau tergelincir. Berikut tipsnya, dilansir dari Federal Oil, Selasa (20/9/2022).

1. Gunakan empat jari

Dengan menggunakan ke-empat jari kanan untuk melakukan pengereman ban depan, kamu bisa lebih maksimal dalam menghentikan laju kendaraan.

Terlebih ketika melewati jalanan yang licin, jika rem motor tidak bekerja secara maksimal risiko seperti terpeleset bisa terjadi pada kamu. Maka dari itu, teknik pengereman yang satu ini perlu kamu ketahui agar terhindar dari risiko buruk tersebut.

2. Lepaskan gas motor

Jika  ingin menghentikan kendaraan di tengah hujan atau jalanan yang basah dan licin. Maka perlu juga untuk melepaskan handle gas motor.

Tujuannya agar kendaraan dapat berhenti lebih cepat. Karena tentu saja percuma jika  melakukan pengereman namun tetap menarik gas motor. Jika demikian, proses pengereman pun tidak akan terjadi secara optimal.

3. Pegang stang motor dengan erat dan kuat

Saat berkendara motor di tengah hujan, kamu juga harus memegang stang kendaraan dengan kuat. Hal ini untuk mengantisipasi misal ban motor kamu mengalami selip di tengah jalan, sehingga  masih bisa refleks dan menopang motor tersebut dengan kaki dan tubuh.

4. Kurangi kecepatan secara bertahap

Untuk menghindari terjadinya ban selip, kamu juga bisa melakukan pengereman secara bertahap. Tentunya dengan memperhatikan kondisi jalanan yang dilewati, ya.

Jika jalanan sedang sepi, kamu tentu lebih leluasa untuk melakukan pengereman bertahap ini. Namun jika jalanan padat, ramai bahkan hingga macet, kamu bisa menurunkan kecepatan dan berkendara dengan lebih pelan.

5. Hindari menggunakan rem belakang

Penggunaan rem belakang pada saat cuaca tengah hujan justru akan membahayakan keselamatan Anda. Ini dikarenakan risiko terjadinya sliding jauh lebih besar. Akibatnya, saat melewati tikungan, Anda bisa saja jatuh dan tergelincir.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: federaloil.co.id

Ruangan komen telah ditutup.