Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sering Buka Tutup Spion Otomatis Mobil secara Manual ternyata Punya Efek Buruk lho

Sering Buka Tutup Spion Otomatis Mobil secara Manual ternyata Punya Efek Buruk lho
Foto: Spion mobil (Hans dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Mobil-mobil keluaran baru punya sejumlah fitur menarik yang memudahkan pemiliknya. Salah fitur terkini yang terpasang pada mobil-mobil keluaran baru adalah spion elektrik atau retractable mirror.

Fitur ini bisa dijumpai pada mobil kelas menengah hingga level paling tinggi. Tapi pengguna mobil dengan fitur ini terkadang melipat atau membuka daun telinga spion secara manual.

Melansir dari Auto2000, sering menggunakan cara ini saat menutup retractable mirror justru akan berdampak negatif. Ini disebabkan motor pada spion akan lebih cepat rusak.

Baca juga: Ini Fungsi Kaca Spion Sepeda Motor yang Perlu Diketahui, Jangan Dianggap Sepele

“Seharusnya dibuka atau ditutup secara otomatis, kalau sesekali tidak masalah, tetapi jangan terlalu sering karena efeknya sangat buruk sekali,” ungkap Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Jakarta Selatan.

Jika spion elektrik ini sudah rusak atau macet, tidak disarankan untuk diservis. Suparna berujar bahwa spion dalam jangka beberapa waktu ke depan akan rusak lagi.

Ia menyarankan agar pemilik mobil langsung membawa ke bengkel resmi agar segera ditangani teknisi. Umumnya fitur ini berumur cukup panjang di atas lima tahun dengan catatan tidak terlalu sering membuka tutup daun telinga spion secara manual.

Lebih lanjut Suparna mengimbau pemilik mobil dengan fitur ini disiplin menutup dan membuka spion dengan tombol. Ini bertujuan agar motor penggerak spion tetap terjaga optimal.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: auto2000.co.id

 

Ruangan komen telah ditutup.