Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Punya Banyak Nutrisi, Ini Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan Ibu Hamil

Punya Banyak Nutrisi, Ini Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan Ibu Hamil
Foto: Kacang tanah (wikipedia.org)

MURIANEWS, Kudus – Ada banyak perubahan pola hidup yang dilakukan saat perempuan hamil. Salah satunya dengan mengurangi aktifitas yang menguras tenaga dan pikiran.

Hal itu dilakukan demi kesehatan buat ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Meski terkadang cukup berat, namun perubahan pola itu perlu dilakukan.

Selain itu, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi juga wajib dilakukan ibu hamil. Ada banyak bahan makanan yang baik buat ibu hamil, salah satunya adalah kacang tanah.

Baca juga: Ini Tips Memilih Pakaian yang Nyaman Dipakai Ibu Hamil

Melansir dari Halodoc, Selasa (20/9/2022), kacang tanah merupakan salah satu camilan sehat yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Berkat kandungan nutrisinya yang lengkap, ada banyak manfaat kacang tanah untuk kesehatan ibu selama kehamilan.

Meskipun makan kacang tanah saat hamil dikatakan bisa menyebabkan bayi mengalami alergi kacang, tapi itu hanyalah mitos belaka!

Faktanya, makanan sehat yang satu ini kaya akan berbagai nutrisi yang baik untuk pertumbuhan janin yang optimal di dalam kandungan. Berikut manfaat kacang tanah untuk kesehatan ibu hamil:

1. Membuat tubuh berenergi

Kalori dalam kacang tanah bisa memberikan energi dan kekuatan pada tubuh, sehingga ibu hamil bisa bersemangat dalam menjalani aktivitas. Selain itu, bagi ibu yang memiliki kekurangan berat badan selama kehamilan, camilan yang mengandung kalori dan lemak ini juga bisa membantu ibu mencapai berat badan yang sehat.

2. Mengatasi sembelit

Manfaat kacang tanah juga diketahui bisa mengatasi masalah sembelit karena mengandung serat. Ibu hamil bisa mengonsumsi camilan gurih ini dalam jumlah sedang setiap hari untuk mencegah penyakit pencernaan tersebut.

3. Baik untuk kesehatan kulit dan rambut

Mengonsumsi kacang tanah selama kehamilan juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut ibu, berkat kandungan vitamin E-nya. Selain itu, kandungan minyak dalam makanan sehat tersebut juga bisa membantu mengelola masalah dermatologis, dan membantu penyembuhan luka dan iritasi.

4. Menurunkan tekanan darah

Kacang tanah mengandung magnesium dan potasium, dua mineral penting yang membantu mengontrol tekanan darah. Kandungan serat dan protein juga berperan dalam manfaat kacang tanah untuk menurunkan tekanan darah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang tanah secara teratur bisa menurunkan tekanan darah, bahkan pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Itulah manfaat kacang tanah untuk ibu hamil. Bila ibu mengalami keluhan kesehatan tertentu selama kehamilan, tidak usah panik. Gunakan saja aplikasi Halodoc untuk tanya dokter dan minta saran kesehatan.

 

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: halodoc.com

Ruangan komen telah ditutup.