Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bupati Ungkap Ada Desa di Kudus Hanya Punya Satu Orang Perangkat

Bupati Kudus HM Hartopo (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo menyebut jika Kabupaten Kudus, Jawa Tengah ini kekurangan perangkat desa. Bahkan disebutnya di salah satu desa, hanya ada satu orang perangkat saja.

Desa tersebut adalah Desa Kajar di Kecamatan Dawe. Di desa ini hanya ada kepala desa yang dibantu bendahara desa. Sebenarnya ada Pj sekretaris desa (sekdes) namun sudah masuk masa pensiun.

Hartopo menyebut, masing-masing posisi perangkat desa memiliki perannya masing-masing. Bila ada yang kurang lengkap proses pelayanan akan terganggu.

”Desa kan punya perangkat dan mereka punya perannya masing-masing. Seperti di Desa Kajar itu, perangkatnya cuma satu saja itu, bagaimana kerjaannya,” katanya, usai memberikan arahan seleksi perangkat desa Gedung Setda Kudus, Selasa (20/9/2022).

Baca: Catat! Pendaftaran Seleksi Perangkat Desa di Kudus Dimulai 5 Oktober

Pengisian perangkat desa di Kudus pun rencananya digelar di 90 desa. Hartopo menyebut, pengisian perangkat desa ini sangat penting mengingat perangkat desa bertugas untuk melayani masyarakat di desa.

”Mereka ini kan garda terdepan untuk pelayanan, kalau pelayanan di desanya baik kan pelayanan di daerahnya juga baik, jadi sangat penting sekali,” kata Hartopo

Walau begitu, Hartopo meminta proses seleksi yang dilakukan tidak sembarangan. Dia menekankan dalam pelaksanaannya nanti, panitia penyelenggara harus sangat hati-hati dan transparan. Mengingat seleksi perangkat desa ini kerap mendapat atensi dari banyak pihak.

”Yang kami tekankan adalah transparan dan hati-hati, ini jadi sorotan dan jangan sampai ada permasalahan,” ujarnya.

Baca: Kajar dan Japan jadi Desa Wisata di Kudus

Proses yang hati-hati, kata Hartopo akan menghindarkan konflik dan potensi-potensi pelanggaran hukum yang bisa saja terjadi. ”Karena itu, hati-hati dalam pelaksanaannya, transparan juga,” tandasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kudus Adi Sadhono mengatakan, sejatinya jumlah ideal perangkat desa yang ada di suatu desa tergantung dari klasifikasi desanya.

Namun, untuk Desa Kajar itu menurutnya memang kurang sumber daya manusia.

”Di Desa Kajar sebenarnya ada tiga orang termasuk kepala desanya. Namun yang masih efektif bekerja cuma dua orang saja dengan jabatan kepala desa dan bendaharanya. Sementara satu lagi yang pj sekretaris desa, sudah cukup sepuh dan masuk masa pensiun,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan pendaftaran seleksi perangkat desa di Kudus, akan dimulai 5 Oktober 2022 mendatang. Dengan jumlah lowongan yang tersedia adalah sebanyak 252 lowongan jabatan.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.