Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kudus Tambah Rumah Pompa untuk Cegah Banjir Tahunan

Air menggenangi Dukuh Tanggulangin saat banjir tahun lalu. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Jawa Tengah, akan menambah mesin pompa air yang akan ditempatkan di Dukuh Gendok, Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kudus.

Penambahan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya banjir tahunan yang melanda kawasan tersebut akibat meluapnya Sungai Wulan.

”Kami anggarkan sekitar Rp 2,5 miliar untuk pembuatan rumah pompa beserta pompanya,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus Arif Budi Siswanto, Selasa (20/9/2022).

Pengerjaan, lanjut Arif, akan mulai dilakukan setelah Perubahan APBD 2022 mulai disahkan. Waktu pengerjaannya pun diprediksi akan lebih cepat karena mesin sudah tersedia di e-catalog.

”Jadi kalau sudah didok, langsung kami kerjakan,” sambungnya.

Baca: Korban Banjir Bandang di Pati Masih Butuh Bantuan

Terkait kekuatan pompa, Arif menyampaikan mesin tersebut bisa menyedot sekitar 500 liter air per detiknya. Sehingga diharapkan bisa memberi andil dalam penanganan banjir untuk ke depannya.

Pemkab kini telah memiliki dua pompa air yang berfungsi untuk menyedot genangan banjir yang kerap terjadi di sana saat musim hujan.

”Dua mesin juga masih dalam kondisi baik, namun semoga tahun ini banjir tidak menerpa Kudus secara keseluruhan,” pungkasnya.

Baca: Pasar Rakyat di Citwalk Kudus Diprioritaskan untuk UMKM Lokal

Desa Jati Wetan di Kecamatan Jati sendiri kerap menjadi desa yang sering banjir saat hujan dengan intensitas tinggi melanda Kabupaten Kudus.

Ada beberapa dukuh yang biasanya tergenang akibat luapan Sungai Wulan yang melewati desa tersebut. Di antaranya adalah Dukuh Tanggulangin dan Dukuh Gendok.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.