Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pasar Rakyat di Citwalk Kudus Diprioritaskan untuk UMKM Lokal

Hartopo
Bupati Kudus HM Hartopo (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus akan menggelar pasar rakyat di Citywalk Kudus, 22-26 September 2022. Bupati Kudus HM Hartopo memastikan stan pasar rakyat diprioritaskan untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) asal Kabupaten Kudus.

Hal tersebut dilakukan untuk mengangkat kembali sektor UMKM yang sempat terpuruk karena adanya pandemi Covid-19.

”Nanti harus produk UMKM lokal, jadi bisa bermanfaat bagi peningkatan ekonomi mereka,” kata Hartopo, Selasa (20/9/2022).

Acara pasar rakyat sendiri, kata Hartopo, akan berkonsep layaknya tradisi Dandangan. Hanya, yang membedakan semua pelaku UMKM-nya berasal dari dalam Kabupaten Kudus.

”Konsepnya seperti mini Dandangan, nanti di Alun-Alun lama sana juga ada,” ungkapnya.

Baca: Pasar Rakyat Bakal Digelar di Citywalk Kudus

Kepala Dinas Perdagangan Kudus, Sudiharti mengatakan, pasar rakyat itu digelar dalam rangka HUT ke-473 Kabupaten Kudus. Pasar rakyat itu nantinya akan berlangsung pada 22-26 September 2022.

”Mereka berjualan siang dan malam. Untuk saat ini masih proses pendaftaran. Nantinya kami yang menyeleksi siapa saja yang bisa jualan di Pasar Rakyat ini,” pungkasnya.

Baca: Polres Kudus Selidiki Insiden Kericuhan dan Perusakan di Ngembal Kulon

Pedagang yang nantinya berjualan di Pasar Rakyat akan ditentukan setelah melalui beberapa tahapan seleksi. Salah satu syaratnya, pedagang merupakan warga Kudus.

Selain berisi stan-stan pedagang, pasar murah itu juga akan diramaikan acara hiburan. Kawasan citywalk juga akan dihias dengan lampion.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.