Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Organda Jepara Sambut Baik Subsidi Transportasi

Organda Jepara Sambut Baik Subsidi Transportasi
Salah satu bus Bejeu sedang keluar dari garasi di Ngabul Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara menggelontorkan anggaran ratusan juta untuk subsidi bagi angkot. Kebijakan ini disambut baik Organisasi Angkutan Darat (Organda) Jepara.

Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta, mengatakan pengucuran subsidi itu sebagai respon adanya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Edy menyebut ada anggaran sebesar Rp 738 juta untuk subsidi di bidang transportasi umum. Anggaran itu dibagi pada angkutan desa, angkutan kota, bus dalam kota dan subsidi untuk tiket ekonomi penyeberangan Jepara-Karimunjawa.

Baca: Harga Tiket Kapal Jepara-Karimunjawa Naik

Dijelaskan, subsidi itu digelontorkan untuk mencegah adanya inflasi akibat penyesuaian harga BBM. Ia pun berharap tidak terjadi gejolak di masyarakat.

”Selain itu juga pembatasan kenaikan tarif maksimal 18 persen untuk kelas non ekonomi angkutan penyebrangan,” jelas Edy, Senin (19/9/2022).

Menanggapi kebijakan itu, Ketua Organda Kabupaten Jepara, Iqbal Tosin mengapresiasi langkah cepat Pemkab Jepara dalam merespon kenaikan harga BBM.

Terkait itu, Organda Jepara sudah diajak bertemu dengan pihak-pihak terkait guna membahas subsidi.

”Pemda sangat cekatan. Langsung menangkap isu ini, langsung dikendalikan,” kata Iqbal.

Iqbal mengaku belum tahu nominal yang diberikan kepada masing-masing penerima. Saat ini hal itu masih digodok.

Ia menambahkan, yang bisa menerima subsidi tersebut adalah angkutan-angkutan dalam kota yang izinnya berada di bawah Pemkab Jepara. Yaitu di bawah Dinas Perhubungan Jepara.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.