Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Hari Pertama ANBK SMP di Kudus Diwarnai Server Eror

Pelaksanaan ANBK di SMP NU Al-Ma’ruf Kudus. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Seluruh SMP di Kabupaten Kudus menggelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) mulai Senin (19/9/2022). Namun di hari pertama ANKB SMP ini diwarnai server eror.

Hal tersebut pun berdampak siswa tersebut tidak bisa melanjutkan proses pengerjaan ANBK hingga rampung. Kondisi ini terjadi salah satunya di SMP NU Al-Ma’aruf Kudus.

Kepala SMP NU Al Maruf Kudus Miftah mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan secara matang pelaksanan ANBK tersebut. Para siswa yang mengikuti ANBK juga diminta untuk berangkat lebih awal untuk memperisapkan diri dengan baik.

”Tiga lab kami siapkan untuk 45 siswa. Internet juga kami siapkan khusus untuk ANBK,” katanya, Senin (19/9/2022).

Namun menurutnya ada sedikit kendala yang dialami sepuluh siswa di tiga laboratorium pada saat pelaksanaan ANBK. Koneksi server dari pusat tidak bisa berjalan dengan lancar.

”Servernya yang bermasalah, kami sudah maksimal. Setelah ada eror di server ini kami akan laporan dan buat berita acara,” jelasnya.

Baca: Semua SMP di Kudus Diklaim Sudah Siap Hadapi ANBK

Sementara Waka Kurikulum SMP NU Al Ma’ruf Abda Ali menjelaskan, eror yang terjadi yakni yakni berulang kali logout dengan sendirinya dari akun ANBK tersebut.

Pihak sekolah sudah mencoba menanggulangi dengan mengganti komputer/laptop yang digunakan siswa, namun belum bisa membuat sistem menjadi lancar.

”Hanya siswa tertentu, tidak semuanya yang eror. Tapi lebih banyak mereka yang lancar,” ujarnya.

Baca: ANBK SMP di Kudus Digelar Full Daring, Catat Tanggalnya

Senada Ketua Panitia ANBK SMPN 1 Kudus Sutrisno menyebut, dari 45 siswa yang ikut ANBK, ada dua siswa yang servernya tersendat. Dua siswa tersebut bisa mengerjakan namun belum bisa merampungkan seluruhnya.

”Servernya muter terus eror. Kalau terjadi ke-eroran ditulis di berita acara. Jadi memang dari server,” ucapnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.