Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Info Banten

Ratusan Jasad Ditemukan Masih Utuh Saat Pembongkaran Makam di Cilegon

Ratusan Jasad Ditemukan Masih Utuh Saat Pembongkaran Makam di Cilegon
Jasad tampak masih utuh usai makamnya dibongkar (istimewa banten.suara.com)

MURIANEWS, Cilegon – Warga di Kabupaten Cilegon, Banten tengah dihebohkan dengan adanya pemindahan jasad yang sudah terkubur puluhan tahun. Anehnya, sebagian besar jasad tersebut justru masih utuh saat dipindahkan.

Peristiwa pemindahan jasad itu terjadi di pemakaman di Lingkungan Cilodan, Kelurahan Gunung Sugih, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, ke Desa Grogol, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang. Pemindahan ini dilakukan oleh PT Pancapuri anak usaha PT Chandra Asri.

Terkait ratusan jenazah yang ditemukan masih utuh saat hendak dipindahkan, Lurah Gunung Sugih Rustam Effendi secara historis wilayah Cilodan dahulu memang merupakan wilayah yang banyak dihuni para santri.

”Info yang saya dapat dan setelah saya telusuri, jadi orang-orang daerah Cilodan dahulunya daerah santri di situ. Jadi kehidupannya orang-orang yang taat ibadah semua,” terang Rustam, dikutip dari banten.suara.com, Senin (19/9/2022).

Baca: Viral Jenazah Ditemukan Masih Utuh saat Gali Makam di Bojonegoro, Ternyata Begini Faktanya

Dia menambahkan, kondisi makan yang ada di lokasi tersebut sudah berumur puluhan tahun. Menurutnya, setiap hari ada jasad yang masih utuh saat digali.

”Setiap penggalian tiap hari ada aja yang ditemukan utuh, bahkan hari terakhir itu dari 67 jasad yang utuh ada 43 atau berapa gitu,” kata Rustam Effendi.

Ia bahkan menceritakan, ada satu jasad wanita yang diperkirakan berusia remaja di mana jasadnya masih utuh setelah terkubur 50 tahun lebih.

Baca: Gali Makam, Warga Jangkungharjo Grobogan Temukan Jasad Utuh Berikut Kain Kafannya

”Ada anak perempuan udah dikuburkan 50 tahun belum kenapa-kenapa, masih Utuh, itu mah asli utuhnya,” imbuhnya.

Sementara, pengurus relokasi makam Mahrij mengatakan, relokasi ini dilakukan setelah ruslah dengan ahli waris makam dan PT CAP 2. Ia menambahkan, hal-hal seperti ini merupakan keajaiban yang bergantung pada keyakinan masing-masing orang.

Ia juga menyampaikan, relokasi ini dilakukan atas dasar amanah dari masyarakat sehingga perlu dibantu untuk dilaksanakan.

Sebagai informasi, PT Chandra Asri telah mengganti dua kali lipat lahan pemakaman di wilayah Desa Grogol, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang. Sementara dari data pengurus pemindahan makam, hari pertama relokasi ada 35 orang yang dialihkan, 12 orang jasadnya masih utuh.

Kemudian hari kedua, dari 38 jasad yang dialihkan, 26 jasad utuh, lalu dari 45 yang dipindahkan 16 di antaranya masih utuh. Dari 62 makam, ada 27 masih utuh, lalu dari 53 makam, 24 masih utuh, dan hari terakhir ada 43 yang utuh dari 67 makam.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Banten.suara.com

Ruangan komen telah ditutup.