Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Atap Kelas Ambrol, Siswa SDN 1 Gantiwarno Karanganyar Belajar di Tempat Parkir

Siswa Kelas II SDN Gantiwarno, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar belajar di lahan parkir kendaraan guru mulai Senin (9/9/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

MURIANEWS, Karanganyar – Sebagian atap ruang kelas II SDN 1 Gantiwarno, Karanganyar ambrol, Minggu (11/9/2022) kemarin. Akibatnya, siswa kelas II tersebut terpaksa mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di tempat parkir.

Tempat parkir tersebut disulap menjadi ruangan kelas dengan diberi meja dan kursi. Selain itu, beberapa bagian terbuka diberi sepanduk sebagai penghalang.

Kepala SDN 01 Gantiwarno, Haryadi mengatakan, kejadian ambrolnya genting tersebut diketahui Senin (12/9/2022) pagi. Hingga saat ini atap kelas tersebut belum diperbaiki karena tidak ada alokasi anggaran.

Demi keamanan, ruangan tersebut kini tak lagi digunakan untuk kegiatan belajar mengajar (KBM). Namun sayangnya, tidak ada ruangan kelas lainnya yang bisa digunakan untuk KBM siswa Kelas II.

Pasalnya, jumlah ruang kelas di SD tersebut hanya enam ruang atau satu kelas untuk masing-masing jenjang.

”Kami tidak punya ruang kelas kosong, semuanya terpakai. Sehingga anak-anak Kelas II ini terpaksa belajar di luar kelas,” katanya.

Pekan lalu para siswa juga terpaksa di teras masjid. Hanya saja, mereka capek karena duduknya lesehan, tidak pakai kursi meja. Selain itu, masjid jadi tidak bisa dipakai untuk kegiatan salat duha bersama.

”Makanya mulai Senin hari ini KBM kami pindah ke parkiran,” ujarnya.

Sementara itu, sejumlan siswa Kelas II mengaku lebih senang belajar di lahan parkir karena sejuk. ”Lebih enak di sini, tidak sumuk (gerah),” ungkap Sultan Aditama, salah seorang siswa.

Sementara itu, siswa lainnya, Izam Nur Maulana, mengaku lebih suka sekolah di parkiran karena takut belajar di kelas yang rawan ambruk.

”Lebih suka di sini (parkiran) karena di sana takut (atap kelasnya) ambrol,” ujarnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.