Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pembongkaran Median Jalan Loekmono Hadi Kudus Diharap Berimbas ke Perekonomian

Median jalan di Jalan Dr Loekmono Hadi Kudus yang akan dibongkar. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Jawa Tengah, segera membongkar median jalan di Jalan Dokter Loekmono Hadi Kudus menuju Alun-alun Simpang Tujuh Kudus. Pembongkaran tersebut pun diharapkan bisa mempengaruhi sisi ekonomi di seputaran jalan itu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah Arif Budi Siswanto menyampaikan, selain membuat jalan lebih lebar, pembongkaran median juga ditujukan untuk meningkatkan sektor perekonomian di Jalan Dokter Loekmono Hadi.

Arif mengatakan, ketika median dihilangkan, toko-toko pada jalur lambat sebelah kiri akan lebih terlihat. Akses untuk belok dan parkir juga akan lebih mudah, sehingga diharapkan, kawasan tersebut akan semakin ramai.

”Seperti pada Jalan A Yani Kudus, itu dulu kan juga ada mediannya, kemudian dibongkar, lebih kelihatan luas dan sisi kiri perekonomiannya juga makin jalan,” katanya, Senin (19/9/2022).

Dia menambahkan, untuk saat ini, lebar jalur lambat untuk akses kendaraan motor adalah sekitar 3,5 meter.

Baca: Pembongkaran Median Jalan Loekmono Hadi Kudus Dianggarkan Rp 2,4 Miliar

Sementara untuk lebar pada jalur cepat mobil adalah 5 meter. Sehingga bila nanti dibongkar, lebar jalan bisa mencapai 8,5 meter dengan panjang kurang lebih satu kilometer.

”Jalannya akan lebih lebar dan masyarakat juga bisa lebih berkendara dengan nyaman,” ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Kudus sendiri, menganggarkan Rp 2,4 miliar untuk pembongkaran median sepanjang satu kilometer itu. Proyek pembongkaran tersebut akan dilaksanakan usai penetapan Perubahan APBD.

Baca: Median Jalan Dr Loekmono Hadi Kudus Segera Dibongkar

Dalam pelaksanaannya nanti, lanjut dia, pembongkaran jalan akan melibatkan dinas-dinas terkait. Seperti Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kudus karena berkaitan dengan penataan lampu penerangan jalan umum (LPJU).

”Baru setelahnya dibongkar kemudian kami akan menambah aspal baru agar jalannya mulus,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.