Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Penutupan Jembatan Jurug B Solo Ditunda, Ini Alasannya

Arus lalu lintas di Jembatan Jurug C pada Senin (19/9/2022) siang. Jembatan Jurug B belum jadi ditutup karena ada beberapa kendala. (Solopos/Gigih Windar Pratama)

MURIANEWS, Solo — Penutupan Jembatan Jurug B Solo yang seharusnya ditutup, Senin (19/9/2022) pukul 10.00 WIB pagi tadi terpaksa ditunda. Penundaan tersebut terjadi lantaran truk pengangkut barier untuk penutupan jembatan mengalami kerusakan.

Wakasatlantas Polresta Solo, AKP Sutoyo mengatakan, salah satu unit truk pembawa barier beton tersebut mogok saat perjalanan di Semarang. Akibatnya material barier yang ada saat ini belum mencukupi.

”Ada satu truk yang mengalami kendala kerusakan (mogok) di Semarang. Sehingga barier beton yang terkirim baru satu truk isi 60 beton,” katanya seperti dikutip detikJateng, Senin (19/9/2022).

Ia menyebutkan, sesuai jadwal barier jalan itu akan dipasang dari Jembatan Jurug C sepanjang 400 meter, di Jalan Ir Sutami. Barier itu akan memisahkan arus kendaraan dari timur dan barat.

Sebab proyek Jembatan Jurug B akan segera dikerjakan sehingga harus ditutup total selama beberapa waktu.

”Kami belum berani melakukan rekayasa. Mudah-mudahan nanti malam barikade barier beton sudah terpasang, sehingga besok pagi sudah bisa dilakukan rekayasa,” ucapnya.

Ia pun menegaskan truk pengangkut barier itu milik kontraktor dan menjadi tanggung jawab kontraktor.

Sementara itu, General Manager Konstruksi PT Baja Titian Utama sebagai Badan Usaha KPBU Penggantian dan atau Duplikasi Jembatan Rangka Baja Callender Hamilton se-Pulau Jawa, Bambang Nurhadi, membenarkan truk pengangkut barier untuk menutup Jembatan Jurug B mengalami kerusakan di Semarang.

Bambang mengungkapkan kendala lain yang membuat Jembatan Jurug B belum bisa ditutup hingga Senin siang. Kendala itu yakni terjadi penyempitan jalan menuju Jembatan Jurug B dari arah timur (Karanganyar).

Hal itu sempat mengakibatkan penumpukan arus lalu lintas kendaraan dari arah Karanganyar pada Senin pagi. Melansir Solopos.com, water barier untuk media jalan sudah dipasang di tengah-tengah Jembatan Jurug C.

Rencananya jembatan tersebut untuk lalu lintas dua arah dari barat (Solo) maupun timur (Karanganyar). Bambang mengatakan Jembatan Jurug B akan tetap ditutup pada Senin ini, namun masih menunggu kedatangan truk pengangkut barier.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: detikJateng, Solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.