Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 Grup F

Marcelino Ferdinand Jadi Daya Kejut Timnas Indonesia U-20 Vs Vietnam U-20

Marcelino Ferdinan
Marcelino Ferdinan dijadikan ‘taktik’ kejutan oleh Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia U-20 Vs Vietnam U-20. (pssi)

MURIANEWS, Surabaya – Marcelino Ferdinand menjadi daya kejut Timnas Indonesia U-20 saat berhadapan dengan Vietnam U-20. Pemain Persebaya ini benar-benar menjadi apa yang diinginkan oleh Shin Tae-yong, dengan semua rencananya di pertandingan dramatis itu.

Timnas Indonesia U-20 akhirnya berhasil mengalahkan Vietnam U-20 dengan skor 3-2, di pertandingan terakhir Grup F Kualifikasi Piala U-20 2023, Minggu (18/9/2022) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Hasil ini memberi Marcelino Ferdinand dkk tiket lolos langsung ke Putaran Final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong menegaskan, pihaknya memang sengaja menjadikan Marcelino Ferdinand sebagai strategi kejutan saat menghadapi Vietnam U-20. Pemain bintang ini hanya menjadi pemain pengganti dalam dua pertandingan terakhir.

Melawan Vietnam U-20, Marcelino baru masuk pada awal babak kedua. Hasilnya, Timnas Indonesia U-20 mampu mengontrol permainan. Marcelino bahkan berhasil mecetak gol pada menit ke-60.

Pilihan strategi seperti itu menurut Shin Tae-yong harus dilakukannya, mengingat sejak awal Marcelino Ferdinand kondisinya tidak benar-benar fit. Pemain ini selalu bermain untuk klubnya Persebaya di Liga 1. Terakhir dirinya juga dikabarkan mengelami cedera.

“Sebelum bergabung dengan tim nasional, dia belum pulih total dan sebelumnya selalu bermain di kompetisi. Karena itu, saya memainkan dia di 45 menit kedua dalam pertandingan ini,” kata Shin Tae-yong memberikan alasannya.

Memasukan Marcelino disaat para pemain Vietnam U-20 kelelahan, adalah sebuah taktik jitu yang dilakukan Shin Tae-yong. Hasilnya, Marcelino Ferdinan mendapatkan momentum untuk ‘bersinar’.

Terlepas dari semua itu, Shin Tae-yong menyebut, kemenangan timnya adalah karena kerja keras para pemainnya. Mereka bermain tak kenal menyerah di sepanjang pertandingan. Mereka menunjukan mentalitas baja, dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya.

BACA JUGA: Muhamad Ferarri Mengaku Sempat Kaget Saat Cetak Gol Penyama

“Para pemain sangat percaya diri sejak laga dimulai. Namun, saya mengakui kalau para pemain belum bisa fokus sepanjang laga sehingga lawan sempat membalikkan keadaan sebelum kami membalikkan skor lagi jadi 3-2,” kata dia.

“Tim ini semakin kuat karena walau sempat ketinggalan tapi kami bisa membalikkan keadaan. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada para pemain,” kata Shin Tae-yong memuji permainan para pemainnya.

Kemenangan ini membawa Timnas Indonesia U-20 lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 yang digelar di Uzbekistan. Timnas Indonesia U-20 lolos dengan status sebagai Juara Grup F.

 

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: PSSI

Ruangan komen telah ditutup.