Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pemkot Magelang Siapkan Rp 70 M untuk Pembangunan Kantor Baru

Kantor Wali Kota Magelang Tiba-tiba Dipasangi Logo TNI. (Detik.com)

MURIANEWS, Magelang – Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mengaku Pemkot Magelang tengah menyiapkan dana cadangan sebesar Rp 70 miliar untuk pembangunan kantor baru.

Sesuai rencana kantor tersebut akan dibangun di eks gedung Balai Diklat Kepemimpinan Kemenkeu di Jalan Alun-alun Kota Magelang.

Ia menjelaskan, pembangunan tersebut dilakukan setelah Kemenkeu menghibahkan gedung tersebut sesuai dengan nota kesepahaman tentang penyerahan dan penerimaan hibah tanah dan bangunan di Kota Magelang yang difasilitasi oleh Kemenko Polhukam.

”Jadi, kami siapkan dana cadangan Rp 70 miliar, kemudian nanti akan dibantu pemerintah pusat dan pemprov untuk membangun kantor baru,” katanya seperti dikutip Antara.

Ia menyebutkan, dana cadangan tersebut disiapkan dalam tiga tahun anggaran berjangka. Yakni anggaran pada tahun 2022, 2023, dan 2024.

Baca: Polemik dengan Pemkot Magelang Rampung, Aset Eks Mako Akabri Kembali ke TNI

”Dana cadangan disiapkan, apalagi sekarang diperkuat dengan perda dana cadangan. Kami juga gunakan bantuan dari pemerintah dan kini sudah dibuatkan proposal untuk diajukan ke Kementerian Keuangan dan Pemprov,,” ungkapnya.

Ia menyampaikan di kantor yang baru dengan luas lahan sekitar satu hektare tersebut nantinya dibangun gedung bertingkat, di atas delapan lantai. Sesuai perda di kawasan tersebut bisa dibangun gedung sampai 15 lantai.

”Untuk pembangunannya nanti kita ngikut kebutuhan. Semoga bisa dimaksimalkan,” tambahnya.

Sebelumnya, polemik status kepemilikan aset eks Mako Akabri berupa tanah dan bangunan antara Akademi TNI dengan Pemerintah Kota Magelang akhirnya selesai. Aset tersebut akhirnya dikembalikan ke TNI.

Hal itu ditandai dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Pemerintah Kota Magelang, tentang Penyerahan dan Penerimaan Hibah Tanah dan Bangunan di Kota Magelang, di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Nota kesepahaman itu ditandatangani oleh Aslog Panglima TNI Haryono, Sekjen Kementerian Keuangan Heru Pambudi, dan Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz, dan diketahui oleh Deputi Bidkoor Hukum dan HAM Kemenko Polhukam Sugeng Purnomo.

Kegiatan tersebut disaksikan langsung oleh Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan jajaran pimpinan Kementerian/Lembaga terkait.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Antara

Ruangan komen telah ditutup.