Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Meski ‘Keok’, Peluang Vietnam U-20 Lolos ke Piala Asia U-20 Sangat Terbuka

Piala Asia U-20 2023
Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Grafis)

MURIANEWS, Surabaya – Meski ‘keok’ 2-3 dari Timnas Indonesia U-20, peluang Vietnam U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan masih sangat terbuka. Tim Bintang Emas, masih sangat mungkin lolos lewat jalur runner-up terbaik.

Kekalahan dari Timnas Indonesia U-20 memang berasa sangat menyakitkan bagi Vietnam U-20. Mereka harus merelakan tiket langsung ke putaran final Piala Asia U-20 2023 diraih musuh bebuyutan mereka, Timnas Indonesia U-20.

Meski demikian, hasil ini sepertinya belum menjadi ‘kiamat’ bagi mereka. Sebab jalur lolos sebagai runner-up terbaik memberikan perkembangan menggembirakan bagi mereka. Hal itu didasarkan pada hasil-hasil pertandingan di luar Grup F sejauh ini.

Vietnam U-20 saat ini menempati posisi runner-up di Grup F dengan poin 6 dan surplus 7 gol. Posisi ini memberi peluang sangat lebar bagi mereka untuk bisa masuk di jajaran 5 tim runer-up terbaik.

Saat ini, selain Grup F, di Grup C dan E juga sudah menyelesaikan pertandingannya. Runner-up Grup C ditempati oleh Yaman U-20 yang memiliki 4 poin dan minus 1 gol. Sementara di Grup E, posisi runner-up ditempati oleh Mongolia, juga dengan 4 poin dan minus 1 gol.

Dalam hal ini, Vietnam U-20 setidaknya sudah menyisihkan para runner-up di Grup C dan E. Sedangkan di Grup G, masih menyisakan satu pertandingan, dengan kemungkinan tim runner-up adalah Thailand dan Oman.

Kabar baik bagi Vietnam U-20, dua tim di Grup G itu akan saling berhadapan. Thailand U-20 memiliki poin 6 dan surplus 4 gol. Sementara Oman memiliki poin 3 dan surplus 2 gol. Jika Oman berhasil menang atas Thailand, maka sekali lagi posisi runner-up terbaik masih ada untuk Vietnam U-20.

Lalu di Grup I, Tajikistan masih akan berhadapan dengan Kamboja di pertandingan terakhir.
Tajikistan saat ini meraih 4 poin, dengan surplus 4 gol. Sementara Lebanon saat ini memimpin dengan poin 6 dengan surplus 2 gol.

BACA JUGA: Media Vietnam Masih Berharap Tim U-20 Mereka Lolos Sebagai Runner-up Terbaik

Jika Tajikistan menang melawan Kamboja, runner-up Grup I adalah Lebanon dengan 6 poin dan surplus 2 gol. Lagi-lagi posisi runner-up terbaik Vietnam U-20 masih aman. Jika Kamboja yang muncul sebagai runner-up di Grup I, maka poin maksimal mereka juga hanya 5.

Dengan perhitungan seperti itu, maka Vietnam U-20 sangat mungkin bisa lolos ke Putaran Final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Sebab mereka sudah bisa mengatasi persaingan di lima grup (C, E, F. G dan I).

Dengan demikian untuk hasil-hasil pertandingan di Grup A, B, D, G dan H, sudah tidak terlalu menjadi masalah bagi mereka. Sebab untuk jalur runner-up terbaik, AFC akan memberikan tiket bagi lima tim terbaik.

Sejauh ini dari 10 grup yang ada di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, sudah ada 5 tim yang mendapatkan tiket ke Uzbekistan 2023, termasuk Uzbekistan selaku tuan rumah.

Berikut 5 tim yang sudah lolos ke Putaran Final Piala Asia U-20 2023:
| Jepang (Juara Grup C) | Korea Selatan (Juara Grup E) | Indonesia (Juara Grup F) | Iran (Juara Grup J) | Uzbekistan (Tuan Rumah Piala Asia U-20 2023) |

Klasemen Runner-up Terbaik Kualifikasi Piala Asia U-20 2023:

Vietnam (Grup F): Poin 6 (Selisih Gol 11-4)
China (Grup A) : Poin 6 (Selisih Gol 8-1)
Suriah (Grup D) : Poin 6 (Selisih Gol 6-3)
Tajikistan (Grup I) : Poin 4 (Seliisih Gol 4-0)
Yaman (Grup C) : Poin 4 (Selisih Gol 4-4)
Bahrain (Grup B): Poin 4 (Selisih Gol 2-1)
Mongolia (Grup E) : Poin 4 (Selisih Gol 7-8)
Kirgistan (Grup J) : Poin 3 (Selisih Gol 2-1)
Afghanistan (Grup G) : Poin 3 (Selisih Gol 1-4)

 

 

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Dari Berbagai Sumber

Ruangan komen telah ditutup.