Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Tips Aman Berkendara Motor untuk Para Wanita yang Penting Diketahui

Ini Tips Aman Berkendara Motor untuk Para Wanita yang Penting Diketahui
Foto: Ilustrasi wanita naik motor (Robert Pastryk dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Keberadaan sepeda motor saat ini seolah sudah menjadi kebutuhan penting. Soalnya, banyak kemudahan yang didapat dengan memiliki sepeda motor, terutama untuk mempermudah akses transportasi.

Untuk memiliki sepeda motor ini, sebagian orang memilih membeli motor bekas saja karena pertimbangan dana yang dimiliki. Namun, banyak juga yang memilih membeli motor baru karena mendapatkan beberapa manfaat, baik dengan cash atau tunai.

Pengguna sepeda motor saat ini tidak hanya didominasi kaum pria saja. Saat ini, banyak kaum wanita yang menggunakan sepeda motor untuk mobilitas sehari-hari.

Baca juga: Awas! Mematikan Mesin sebelum Berhenti Sempurna Ternyata Bisa Berakibat Fatal bagi Motor

Bahkan, jumlah penggunanya saat ini tidak kalah banyak dengan kaum pria. Terlebih, sejak hadirnya motor matik yang memudahkan dikendarai kaum hawa.

Meski demikian, hal ini ternyata tidak dibarengi dengan pengetahuan tentang cara berkendara yang benar dan aman. Terutama bagi para wanita, ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian serius.

Nah, berikut ini tata cara berkendara yang benar bagi para wanita, dikutip dari laman Astra Motor.

1. Perlengkapan Dasar itu Penting

Perlengkapan dasar yang dimaksud adalah helm, jaket, ikat rambut (apabila rambut pengendara cukup panjang) yang dimana bertujuan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya gangguan pada pengendara oleh rambutnya ketika sedang berkendara. Gunakanlah jaket agar terhindar dari sengatan matahari, dan untuk melindungi pengendara dari serangan masuk angin.

2. Gunakanlah Alas Kaki yang Seharusnya

Penggunaan sepatu hak tinggi saat mengendarai sepeda motor akan mengganggu keseimbangan tubuh saat membawa motor. Apabila memang ada keperluan tertentu yang mengharuskan pengendara menggunakan sepatu hak tinggi.

Alangkah baiknya pengendara memakai flat shoes ketika memulai berkendara. Setelah sampai tujuan pengendara dapat berganti sepatu ke sepatu dengan hak tinggi. Sepatu dapat disimpan pada bagasi motor, jadi jauh lebih aman dan praktis.

3. Usahakan Tidak Menggunakan Rok

Menggunakan rok ketika mengendarai sepeda motor sangat tidak dianjurkan, terlebih jika rok yang digunakan adalah rok ketat yang dimana dapat mempengaruhi batas gerak kaki pengendara ketika berada di jalur lambat atau kondisi yang berhenti mendadak.

Alangkah baiknya rok disimpan di dalam bagasi motor terlebih dahulu apabila rok memang ingin digunakan. Hal ini bertujuan demi menjaga keamanan dan kenyamanan pengendara dalam berkendara.

4. Gunakanlah Aksesoris Seperlunya

Penggunaan aksesoris ketika sedang berkendara memang tidak dilarang namun tidak dianjurkan, terlebih saat sedang mengendarai sepeda motor. Karena penggunaan aksesoris ini dapat mencuri perhatian para penjahat yang mungkin akan mencelakai para pengendara.

5. Gunakan Tas yang Tepat

Pakailah tas yang mudah dibawa dan yang tidak menyulitkan pengendara ketika berkendara. Apabila tasnya mudah dibawa, maka tas bisa disimpan di dalam bagasi motor. Hindari juga penggunaan tas tangan/handbag, dikarenakan dapat memancing tindakan kriminal seperti penjambretan atau hal lainnya.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: astramotor.co.id

Ruangan komen telah ditutup.